Dark/Light Mode

Ganjar - Mahfud Janji Mudahkan Beli Rumah Layak Bagi Masyarakat

Jumat, 29 Desember 2023 16:21 WIB
Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD berjanji akan memudahkan masyarakat yang ingin memiliki hunian layak.(Foto: Instagram@ganjarpranowo)
Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD berjanji akan memudahkan masyarakat yang ingin memiliki hunian layak.(Foto: Instagram@ganjarpranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD berjanji akan memudahkan masyarakat yang ingin memiliki hunian layak.

Hal itu akan dieksekusi Ganjar-Mahfud jika dipercaya masyarakat memenangi Pilpres 2024 mendatang.

"Programnya bernama Rumah Kita. Beli Rumah Semudah DP Motor," kata Ganjar, Jumat (29/12/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menegaskan, setiap orang mendambakan hunian layak. Berdasarkan data yang dia pegang, terdapat 15,9 juta keluarga yang belum punya rumah layak huni.

Belum lagi keluarga-keluarga baru yang bertambah setiap tahun. Pertumbuhan harga rumah sekitar 8 persen dari tahun 2018.

Pasokan hunian baru pun masih terbatas, tidak sampai 1 juta unit per tahun. Tantangan lain, syarat-syarat kredit pembiayaan juga sulit dipenuhi oleh sebagian besar rakyat. Khususnya yang bekerja di sektor informal.

Baca juga : Cetak SDM Terampil, Ganjar-Mahfud Jamin Generasi Muda Lulus Langsung Kerja

Adapun 1 dari 4 masyarakat menilai administrasi perizinan serta DP masih menjadi kendala besar untuk mendapatkan rumah impian.

Ganjar-Mahfud menjawabnya dengan program 10 juta hunian impian, yakni pembangunan hunian baru atau renovasi seperti rumah sederhana, rusunami, rusunawa.

Program tersebut bakal disertai ketersediaan lahan yang strategis dan terjangkau dari pusat perekonomian, serta transportasi umum.

"Terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja sektor informal, buruh, dan anak muda, dengan skema pembiayaan yang mudah dan murah, di antaranya bantuan uang muka," tutur dia.

Ganjar menjabarkan, ada sejumlah skema pembiayaan yang bakal disiapkan. Salah satunya, bantuan uang muka berupa Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) dan (BP2BT).

Pemerintah akan memberi bantuan DP hingga 30 persen untuk rumah khusus pertama dengan harga hunian hingga Rp 200 juta.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Gencarkan Sosialisasi Wujudkan Pemilih Cerdas Dan Kritis

Selain itu, Pemerintah juga akan memberikan subsidi suku bunga tetap menjadi sebesar 5 persen selama 10 tahun untuk rumah dengan harga tertinggi Rp 200 juta.

Ganjar-Mahfud akan menjalankan program 'beli tanah dapat rumah'. Program yang menyasar masyarakat di daerah ini dikhususkan untuk hunian pertama berukuran 36 m2 bagi masyarakat berpenghasilan Rp 3 hingga Rp5 juta.

Di samping itu, ada juga program yang menjamin pembangunan hunian berorientasi 4T Terintegrasi.

Yaitu tempat tinggal, tempat kerja, trotoar, dan transportasi publik. Dengan kata lain perumahan berkonsep Transit Oriented Development (TOD) bakal digalakkan.

Ganjar menegaskan, program tersebut bakal memberikan dampak yang luas.

"Jadi, tidak hanya sebatas memberikan akses rumah layak bagi masyarakat," sebut dia.

Baca juga : Ketua TPD Ganjar-Mahfud DKI Jakarta Ziarah Ke Makam Habib Ali Kwitang

Program tersebut akan membuka lapangan kerja, seperti di sektor konstruksi, manufaktur, dan transportasi.

Dengan terbukanya lapangan kerja baru, dapat mengurangi tingkat pengangguran.

"Nantinya program ini akan mendorong tercapainya target misi peningkatan PDB (produk domestik bruto) 7 persen melalui pembelian bahan baku, ketenagakerjaan dan investasi sektor konstruksi dan sektor lain yang terkait," pungkas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.