Dark/Light Mode

Gali Potensi Ekonomi

Relawan Srikandi Ganjar Edukasi Warga Sulawesi Selatan Budidayakan Rumput Laut

Kamis, 4 Januari 2024 09:25 WIB
Sukarelawan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD bernama Srikandi Ganjar menggelar Edukasi Budidaya Pembibitan Rumput Laut di Luwu Timur, Rabu (3/1/2024). (Foto: Ist)
Sukarelawan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD bernama Srikandi Ganjar menggelar Edukasi Budidaya Pembibitan Rumput Laut di Luwu Timur, Rabu (3/1/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Budi daya rumput laut menyimpan potensi besar yang belum tergali secara maksimal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Oleh karena itu, para sukarelawan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD bernama Srikandi Ganjar menggelar Edukasi Budidaya Pembibitan Rumput Laut di Luwu Timur, Rabu (3/1/2024).

“Budidaya rumput laut memiliki peranan penting dalam usaha meningkatkan produksi perikanan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi dalam negeri,” kata Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan, Nurul Awainah.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan, budidaya rumput laut dapat memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan di wilayah setempat.

Baca juga : Jadi Perempuan Mandiri, Atikoh Ganjar: Saya Bangga Jadi Ibu Rumah Tangga

Bahkan, Nurul meyakinkan pembudidayaannya juga akan melestarikan lingkungan karena keberadaan rumput laut akan memberikan tempat berlindung bagi ikan dan makhluk laut sejenisnya.

Setelah mengikuti kegiatan kali ini, para peserta didorong untuk mempraktekan teori yang dipelajarinya pada musim timur sekitar pertengahan tahun ini, yakni antara Juli-Agustus 2024 yang akan datang.

“Rumput laut dibudidayakan pada musim timur (Juli dan Agustus) dan dipanen pada umur yang berbeda, yaitu umur panen 30 hari, 45 hari, dan 60 hari,” ujar Nurul dalam keterangan persnya.

Adapun, metode budidaya rumput laut yang digunakan dan dijelaskan oleh pemateri kegiatan kali ini adalah metode long line dengan data yang dikumpulkan berupa data berat rumput laut dan data kualitas air.

Baca juga : Relawan Ampera SandiUno For Ganjar Beri Pelatihan Produksi Sabun Cuci Piring

Metode itu diklaim berhasil meningkatkan hasil produksi rumput laut di berbagai wilayah perairan lain di Indonesia selama ini namun Nurul mengakui masih banyak warga yang belum mengetahuinya.

“Budidaya rumput laut merupakan salah satu jenis budidaya di bidang perikanan yang mempunyai peluang untuk dikembangkan di wilayah perairan Indonesia. Daerah penghasil utama rumput laut di Indonesia ada di 10 daerah Provinsi di Indonesia termasuk provinsi Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Sementara itu, para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan yang digelar para sukarelawan Srikandi Ganjar kali ini karena bisa menambah pengetahuan dan memotivasi peserta untuk membudidayakan rumput laut.

Warga juga bisa mengenal lebih dekat dengan pasangan Capres-Cawapres bernomor urut tiga, Ganjar-Mahfud dari para sukarelawan Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan pada kesempatan tersebut.

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Gelar Pasar Sembako Murah Di Banten

“Warga sangat antusias dengan diadakannya giat budidaya rumput, warga menilai relawan Srikandi Ganjar sangat memperhatikan peningkatan soft skill warga dengan adanya giat tersebut,” kata Nurul meyakinkan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.