Dark/Light Mode

Dorong Kemandirian Pesantren

Relawan Santri Ganjar Gelar Pelatihan Budi Daya Jamur Tiram

Kamis, 21 Desember 2023 21:46 WIB
pelatihan budi daya dan pengembangan jamur tiram bersama sejumlah santri. (Foto: Ist)
pelatihan budi daya dan pengembangan jamur tiram bersama sejumlah santri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Santri Dukung Ganjar (SDG) bersama sukarelawan Ganjar-Mahfud NTB melanjutkan agenda positifnya untuk memberikan manfaat nyata kepada masyarakat.

Adapun kegiatan yang diadakan berupa pelatihan budi daya dan pengembangan jamur tiram bersama sejumlah santri.

Pelatihan tersebut diadakan di Madrasah Aliyah (MA) Mu'allimin NWDI Pancor, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Koordinator Daerah SDG Kabupaten Lombok Timur Anggara mengatakan kegiatan tersebut bertema “Pelatihan dan Pengembangan Potensi Agribisnis Berkelanjutan Budi Daya Jamur Tiram”.

“Tujuan dari pelatihan ini guna memperkuat kemandirian pesantren, khususnya para santri,” kata dia dalam siaran persnya, Kamis (21/12/2023).

Baca juga : Dorong Peran Milenial Gencarkan UMKM, Orang Muda Ganjar Beri Bantuan Gerobak

Dalam pelatihan tersebut, SDG dan Sukarelawan Ganjar-Mahfud menghadirkan pelaku usaha Jamur tiram yang ada di Lombok sebagai pemateri dan pendamping pelatihan untuk para santri yang terlibat yakni Panji Tanahsur. 

Dalam pembukaan pelatihan itu turut hadir Koordinator Wilayah SDG Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Khaerul Fahri, Kepala Madrasah H. Munawar dan Humas Madrasah Nurman.

Tak lupa, dalam pelaksanaan kegiatan para santri dan peserta mendoakan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD selaku Capres dan Cawapres pada Pemilu 2024.

Anggara mengatakan penguatan dan kemandirian melalui pembekalan skil berwirausaha penting dilakukan bagi para santri demi kemandirian para santri pasca nyantri. 

"Kemandirian pesantren menjadi salah satu perhatian bagi Ganjar Pranowo capres yang kami usung,” kata dia.

Baca juga : Dukung Percepatan Penurunan Stunting Nasional, PT SPSL Gelar Program GASKEN

“Dari situ kami menilai pesantren harus mampu mandiri khususnya para santrinya melalui pembekalan dan pelatihan berwirausaha," sambung.

Sementara itu, Kepala MA Mu'allimin NWDI Pancor H. Munawar dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada SDG yang telah memilih ponpesnya sebagai tempat pelatihan tersebut.

Doa menuturkan kesediaan ponpes menerima kedatangan salah satu sukarelawan tersebut tidak lain karena sosok Ganjar Pranowo.

"Terima kasih telah mengadakan kegiatan ini. Selain karena kegiatan ini penting dilaksanakan dan diikuti oleh santri kami, sosok Ganjar Pranowo yang didukung oleh relawan SDG menjadi alasan kami menerima kedatangan SDG,” kata dia.

Munawar menjelaskan bahwa dia juga merupakan salah satu pendukung dari capres dan cawapres nomor urut tiga tersebut.

Baca juga : Pupuk Indonesia Dan Benih Baik Berikan Penghargaan Svarna Bhumi Ke Petani Buah Naga

Lebih lanjur, H. Munawar juga mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh SDG Lombok Timur. 

Dia mengatakan program untuk mendorong kemandirian pesantren dan skil para santri sangat dibutuhkan. Ia menilai apa yang dilakukan SDG ini merupakan bentuk sosialisasi program yang diusung Ganjar - Mahfud sangatlah baik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.