Dark/Light Mode

Jelang Debat Ketiga, Jubir TPN: Ganjar Paling Konsisten Bela Palestina

Kamis, 4 Januari 2024 10:00 WIB
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (Foto : Ist)
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Ngudi Astuti mengatakan Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo paling konsisten membela Palestina lepas dari penjajahan Israel.

Hal itu disampaikan Ngudi Astuti merespons debat ketiga yang digelar pada 7 Januari 2024 nanti. Debat ketiga capres direncanakan membahas tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik

"Yang jelas, kita yang selama ini tetap membela Palestina. Tidak ada hukum menyerang negara lain kalau negara itu berdaulat,” jelas Ngudi Astuti dalam pernyataannya, Kamis (4/1).

Baca juga : Ini 3 Cara Ganjar-Mahfud Ciptakan Budaya Patuh Pajak

Sikap tersebut, kata Tuti, juga sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Ir Soekarno pada saat Konferensi Asia Afrika.

"Jadi apa yang dikatakan oleh Bung Karno pada KAA, Konferensi Asia Afrika Dasasila Bandung itu, bahwa sejak dari tahun 1955 Indonesia tetap membela Palestina sebagai sebuah negara yang harus merdeka dari penjajahan Israel,” jelas Tuti.

“Artinya, mulai dari zaman Soekarno sampai detik ini kita tetap konsisten untuk membela Palestina,” katanya.

Baca juga : Bareng Warga, KLHK Tanam 1.000 Pohon Di Kalimantan Barat

Tuti kemudian membeberkan salah satu bentuk konsistensi pihaknya dalam mendukung kemerdekaan Palestina adalah saat piala dunia.

"Waktu Piala Dunia, ketika kontingen Israel itu mau datang ke Indonesia, maka Ia (Ganjar Pranowo) menolaknya, sehingga Piala Dunia U-17 tidak jadi di Indonesia. Itu adalah bentuk dari komitmen bangsa Indonesia untuk membela negara Palestina,” ungkap Tuti.

“Yang kedua memberikan bantuan kemanusiaan dan yang ketiga, jelas akan ikut dalam organisasi Konferensi Islam untuk membela Palestina dan juga PBB supaya berfungsi sebagai perdamaian internasional menghentikan peperangan yang ada di Palestina dengan Israel dan tidak jatuh korban-korban kemanusiaan yang tidak bersalah di Palestina,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.