Dark/Light Mode

Bicara Kesetaraan Gender, Prabowo Ingin Beri Tempat Lebih Banyak untuk Perempuan

Kamis, 4 Januari 2024 19:19 WIB
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto (kanan), menghadiri Dialog Pers dan Capres yang diadakan PWI, di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (4/1). (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto (kanan), menghadiri Dialog Pers dan Capres yang diadakan PWI, di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (4/1). (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengutarakan keinginannya untuk mendukung perempuan, dengan membuka kesempatan berkembang yang lebih luas bagi mereka. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri Dialog Pers dan Capres yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (4/1).

Prabowo menilai, hingga saat ini, masih ada ketimpangan kesempatan yang terjadi antara perempuan dan laki-laki. Perempuan cenderung masih mengalami lebih banyak rintangan, mulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga, hingga tradisi yang berkembang di masyarakat.

Baca juga : Prabowo Ungkap Politik Tetangga Baik Dan Dorong Perdamaian Antar Negara

Salah satu contoh nyatanya, kata Prabowo, terjadi di bidang politik. Rintangan yang masih kerap ditemui perempuan yaitu suami atau orang tua yang tidak mengizinkan mereka untuk melangkah lebih jauh.

"Kita ingin memberi tempat lebih banyak kepada calon-calon (legislatif) perempuan, tapi sering suaminya tidak mengizinkan istrinya kampanye jauh-jauh dari rumah," kata Prabowo.

Baca juga : Survei Risetindo Barometer, Partai Buruh Lolos PT 4 Persen

Ia melanjutkan, sebetulnya tidak masalah memberikan wadah bagi perempuan untuk maju. Sebab, dalam sejarah Indonesia, banyak jabatan pemimpin yang telah diisi oleh perempuan.Di antaranya Menteri Keuangan dan Menteri Luar Negeri saat ini dijabat perempuan. Selain itu, Indonesia juga pernah dipimpin oleh seorang perempuan.

"Saya kira pemimpin-pemimpin bangsa tidak ada masalah dengan perempuan untuk maju," sambung dia.

Baca juga : Pimpinan Ponpes Genggong: Hidup Prabowo Sudah Diwakafkan untuk Indonesia

Prabowo mengatakan, kini sudah banyak perempuan yang menempuh jenjang pendidikan sarjana yang mendalami ilmu kimia, matematika, hingga teknik mesin. Dengan demikian, ia meyakini kiprah perempuan ke depan akan lebih menonjol di banyak bidang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.