Dark/Light Mode

Ini Kata Ganjar Soal Peran Penting KSS Bagi Negara Selatan

Selasa, 9 Januari 2024 20:10 WIB
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Debat Capres ketiga, Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1). (Foto: Dok TPN)
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Debat Capres ketiga, Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1). (Foto: Dok TPN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menyinggung Kerja sama Selatan-Selatan (KSS) pada Debat Capres-Cawapres Ketiga yang digelar KPU di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. 

Kata Ganjar, peran KSS sangat penting ketika berhadapan dengan negara maju. Hal ini, diakui Ganjar, terbukti ketika kebijakan larangan ekspor nikel Indonesia dipersoalkan Uni Eropa melalui World Trade Organization (WTO). 

Baca juga : ISESS Dukung Rencana Ganjar Sejahterakan Prajurit TNI-Polri

Ganjar menegaskan, negara-negara di Selatan punya kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Juga, Indonesia punya potensi yang hebat. "Karena kita memiliki sumber daya alam yang sama melimpah," kata Ganjar. 

Menurut mantan gubernur Jawa Tengah ini, dengan SDA tersebut, Indonesia bisa bekerjasama dengan negara-negara Selatan dalam hal teknologi baterai. "Nikel kita miliki. Bauksit juga kita punya, kita bisa share dengan yang lain. Ada juga ltihium, umpamanya (kerja sama) dengan Argentina," lanjut Ganjar. 

Baca juga : Besok, Persib Bandung Kembali Gelar Latihan

Dirinya menegaskan tidak takut dengan ancaman negara-negara lain. Terutama terkait hilirisasi mineral. Hilirisasi tersebut, nilai Ganjar, harus diperjuangkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat. 

“Karena itu, penting untuk kita meredefinisi kembali politik bebas aktif. Artinya kita bebas menentukan kebijakan kita sesuai dengan kepentingan nasional. Kita ajak mereka yang selama ini berlawanan untuk investasi di sini. Kita punya kepentingan untuk pertumbuhan ekonomi, menyerap tenaga kerja, dan kesejahteraan rakyat,” tutur dia. 

Baca juga : Ganjar Serap Aspirasi Nelayan Cilacap

Diketahui, KSS adalah kerja sama antar-negara berkembang untuk menghasilkan solusi-solusi bersama bagi pembangunan negara Selatan. Negara-negara Selatan ini adalah negara-negara dunia di bagian Selatan. Negara yang selama ini dikenal memiliki kekayaan sumber daya alam dan sebagian besar adalah negara berkembang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.