Dark/Light Mode

Perkuat Pertahanan Indonesia

Ganjar Bakal Kembangkan Potensi Generasi Muda Buat Jadi Ahli Siber

Minggu, 7 Januari 2024 22:47 WIB
Foto: YouTube KPU RI
Foto: YouTube KPU RI

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo akan mengembangkan potensi generasi muda agar menjadi ahli keamanan siber demi menguatkan pertahanan Indonesia.

Hal itu disampaikan Ganjar dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, di Istora Senayan, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Minggu (7/1/2024).

“Tentu saja saja LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) itu punya potensi yang sangat tinggi untuk memberangkatkan orang-orang, anak-anak hebat ke sana (studi cyber ke luar negeri),” kata Ganjar.

Baca juga : Mahfud: Jangan Gadaikan Hati Nurani Saat Memilih Pemimpin

Menurut Ganjar, LPDP dapat dimanfaatkan negara untuk memberikan ruang pendidikan global bagi generasi muda di bidang cyber security.

Terlebih ada banyak lembaga yang bisa dikolaborasikan. Namun, diingatkan Ganjar, ketika sudah kembali ke Indonesia, mereka mesti diberikan ruang untuk bisa bekerja.

"BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) bisa kita libatkan. Mereka bisa membuat kolaborasi yang sangat bagus,” tutur capres yang berpasangan dengan Mahfud MD ini. 

Baca juga : Langkah Ganjar-Mahfud Pastikan Sembako Melimpah, Harga Murah

Di samping penguatan sumber daya manusia (SDM) dari generasi muda, Ganjar juga menekankan pentingnya menguatkan Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) dengan infrastruktur berkualitas, serta integritas yang bagus.

“Bahkan kemudian pengamanan di kepolisian saya kira perlu cyber institution yang dipimpin oleh jenderal bintang tiga dan kita perlu duta besar siber,” tuturnya.

Tak lupa menurut Ganjar, semua itu bisa diwujudkan dengan akses internet yang cepat.

Baca juga : Dengarkan Curhat Perajin Asal Jepara, Ganjar Janjikan Beri Kemudahan Modal

Sehingga, generasi muda dapat belajar cyber security dengan baik dan lembaga keamanan siber negara bisa berjalan maksimal.

“Bahkan selain membangun SDM dan infrastruktur yang baik, maka kecepatan internetnya dan coverage-nya harus tinggi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, tema debat kali ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.