Dark/Light Mode

Ganjar Serap Aspirasi Nelayan Cilacap

Selasa, 9 Januari 2024 14:13 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo silaturahmi dengan nelayan dan relawan di kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024). Foto: Istimewa
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo silaturahmi dengan nelayan dan relawan di kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo melakukan silaturahmi dengan nelayan dan relawan di kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).

Ganjar, menyerap aspirasi nelayan dan siap memperjuangkannya ketika menjadi Presiden 2024.

Di antaranya, meringankan nelayan tidak mampu yang terlilit utang di Bank. Ganjar mengungkapkan, nyaris seluruh keluhan nelayan di Indonesia sama. Termasuk di Cilacap, Jawa Tengah.

Baca juga : Sitha Marino, Bermesraan Di Atas Kapal

Yaitu, perizinan kepemilikan kapal, penangkapan ikan terukur, ketersediaan solar murah, hingga terlilit utang karena tidak mampu mengembalikan modal untuk melaut.

"Inilah yang kita hitung-hitung kondisi kedaruratan keuangan yang bikin macet dan perlu kemudian bisa kita hapus atau bekukan. Jadi beberapa masukan itu relatif di seluruh titik di Indonesia sama," kata Ganjar sembari berpesan kepada nelayan untuk meningkatkan keterampilan dalam proses mencari ikan ditingkatkan.

Soal fenomena penangkapan ikan ilegal atau ilegal fishing juga perlu mendapatkan perhatian serius. Sehingga, laut Indonesia perlu ditingkatkan pengamanannya.

Baca juga : Ganjar Paling Pas Jadi Suksesor Jokowi

Caranya, dengan melibatkan pemangku kepentingan keamanan laut.

"Ada TNI-AL, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kepolisian, perhubungan juga ada di sana, tenaga kerja, Polairud. Ini yg perlu kita memberikan dukungan fasilitas agar gampang memantau," rincinya.

Ganjar juga mengamini nelayan membutuhkan kelengkapan melaut seperti radar, dan sonar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.