Dark/Light Mode

Gabriel Attal Jadi Pemimpin Muda Di Prancis, Gibran Bisa Jadi Berikutnya

Rabu, 10 Januari 2024 21:06 WIB
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Penunjukan Gabriel Attal sebagai Perdana Menteri Prancis memberikan perspektif segar bagi kalangan milenial.

Attal yang ditunjuk sebagai PM oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron menggantikan Elisabeth Borne itu diketahui baru berusia 34 tahun.

Attal mencatatkan sejarah sebagai perdana menteri termuda di Prancis yang resmi memimpin pada 9 Januari 2024.

Baca juga : Gabriel Attal, PM Termuda Prancis Berusia 34 Tahun, Blak-Blakan Ngaku Gay

Karir politik pemimpin muda itu dimulai ketika ia bergabung dengan Partai Sosialis pada usia 17 tahun. Dia mendapatkan perhatian publik saat menjabat sebagai Juru Bicara Pemerintah selama pandemi Covid-19.

Kemudian menduduki posisi menteri junior di Kementerian Keuangan Perancis, dan terakhir sebagai Menteri Pendidikan pada tahun 2023.

Keahlian dan kemampuan komunikasinya mampu membuatnya menjadi salah satu menteri kabinet Macron yang paling terkemuka.

Baca juga : Darmizal Dan Relawan Jokowi Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Attal juga baru-baru ini berbagi pengalaman pribadinya di sebuah acara televisi populer tentang bagaimana ia mengalami intimidasi di sekolah menengah, oleh mantan teman sekelasnya.

Kisahnya menyoroti masalah perundungan di masa awal revolusi internet. Attal menjadi korban penghinaan fisik melalui blog.

Dengan menunjuk Attal sebagai PM Perancis, Macron berharap Attal akan membawa semangat dan energi perubahan yang ambisius. Seperti saat Macron pertama kali terpilih pada 2017 dengan harapan besar akan reformasi radikal.

Baca juga : Relawan Mas Gibran Bagikan Sembako Di 3 Provinsi

Macron percaya pada energi dan komitmen Attal untuk meneruskan semangat keunggulan dan keberanian yang menjadi ciri khas pemerintahannya.

"Saya tahu saya dapat mengandalkan energi dan komitmen Anda," kata Macron di akun X pribadinya, @EmmanuelMacron.

Fenomena Attal disebut-sebut bakal terjadi di Indonesia. Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming diketahui baru berusia 36 tahun. Dalam berbagai survei, popularitas Gibran unggul dari Cawapres lainnya seperti Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.