Dark/Light Mode

Di RSUD Khidmat Sehat Afiat

Pemkot Depok Bersiap Rawat Para Caleg Stres

Kamis, 11 Januari 2024 07:40 WIB
Direktur RSUD KiSA Kota Depok, Devi Maryori. (Foto: Dok. Pemkot Depok)
Direktur RSUD KiSA Kota Depok, Devi Maryori. (Foto: Dok. Pemkot Depok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui RSUD Khidmat Sehat Afiat (KiSA) siap memberi layanan psikologis, buat para calon anggota legislatif (caleg) yang gagal pada kontestasi Pemilu 2024. Mereka telah menyiapkan dokter spesialis kejiwaan, mengatasi masalah kejiwaan yang mungkin dialami para caleg gagal.

Direktur RSUD KiSA Kota Depok, Devi Maryori mengatakan, pihaknya telah memiliki dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater, yang siap memberikan pelayanan konsultasi terhadap para caleg gagal. Menurut dia, para dokter itu akan memeriksa dan mendiag­nosa tingkat masalah kejiwaan yang dialami pasien.

“RSUD KiSA Kota Depok siap melayani para caleg yang gagal di Pemilu. Kami ada dokter spesialis. Konsultasi di­lakukan di Poliklinik Psikiatri, untuk melihat tingkat ketahanan mental dan melakukan terapi,” ujar Devi dalam keterangan res­minya, Rabu (10/1/2024).

Baca juga : Politisi Lokal Bisa Naik Kelas

Selain layanan Kesehatan psikologis, lanjut dia, RSUD KiSA juga siap memberikan pendampingan hingga obat-ob­tan bagi para caleg gagal, yang jiwanya terguncang hingga sem­buh. “Pemeriksaannya, antara lain pendampingan psikoterapi. Jika dibutuhkan, kami juga siap memberi obat-obatan psiko­farmaka, untuk memperbaiki kondisi mental agar dapat ber­fungsi seperti sediakala,” ce­tusnya.

Devi memastikan, pihaknya tak akan melakukan pembedaan atau disktiminasi dalam pembe­rian pelayanan psikologis terha­dap para caleg gagal. Namun, sebut dia, RSUD KiSA belum bisa menyiapkan ruang rawat inap khusus bagi pasien dengan gangguan jiwa parah.

“Kalau masih bisa ditangani untuk terapi ya terapi dulu. Tapi, kalau perlu perawatan, kami akan merujuk ke RS Marzoeki Mahdi dan rumah sakit yang ada perawatan kejiwaannya,” tandasnya.

Baca juga : PDIP Depok Tetap Yakin Juarai Pileg

Terpisah, Ketua Komisi Pe­milihan Umum (KPU) Kota Depok, Willy Sumarlin me­nyampaikan, pihaknya sudah menerima surat suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, pada Senin (8/1/2024). Selanjutnya, ucap dia, KPU menunggu ke­datangan surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres).

“Kami belum menghitung jumlah surat suara Pileg yang sudah datang. Soal surat suara Pemilu Presiden (Pilpres), dijad­walkan datang pada 11 Januari 2023,” ujar Willy.

Lebih lanjut, dia menguraikan, Kota Depok memiliki kebutuhan logistik Pemilu 2024 sebanyak 27.872 kotak suara, 22.280 bilik suara, dan 11.140 tinta. Selain itu, sebanyak 534.909 segel pe­milu serta 144.820 segel plastik.

Baca juga : Raih Status Desa Mandiri, 5.225 Pemerintah Desa Terima Penghargaan

Komisioner KPU Kota De­pok, Fikri Tamau menambahkan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan aparat ke­amanan, seperti Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok untuk mengawal keamanan dan pengamanan logistik Pemilu 2024.

“Kami komisioner KPU Depok baru dilantik langsung berkoordinasi dan menyiapkan logistik. Koordinasi dengan Kodim dan Polres Metro Depok untuk keamanan dan penga­manan,” ujar Fikri.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 11/1/2024 dengan judul Di RSUD Khidmat Sehat Afiat, Pemkot Depok Bersiap Rawat Para Caleg Stres   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.