Dark/Light Mode

Meski Pernah Didatangi AMIN

Pengasuh Ponpes Banyuwangi Ini Dukung Ganjar-Mahfud

Kamis, 11 Januari 2024 11:47 WIB
Cawapres Mahfud MD saat sowan ke Pondok Pesantren Ponpes Darussalam Blokagung Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi, Rabu (10/1/2024). Foto: Istimewa
Cawapres Mahfud MD saat sowan ke Pondok Pesantren Ponpes Darussalam Blokagung Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi, Rabu (10/1/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari, Banyuwangi KH. Hisyam Syafaat resmi memberi dukungan kepada pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Padahal, Ponpes Darussalam Blokagung pernah disambangi oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) tak lama setelah mereka deklarasi di Hotel Majapahit Surabaya.

Dukungan tersebut disampaikan saat Mahfud MD berkeliling di Jawa Timur tiga hari ini. Salah satunya ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Blokagung Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi, Rabu (10/1/2024).

Baca juga : Ulama Dan Kiai Se-Cimahi Dan Bandung Dukung Ganjar-Mahfud Jadi Pemimpin RI Ke-8

Kiai Hisyam yang mendampingi Mahfud memberikan halaqoh kebangsaan kepada sekitar 200 santri di Masjid Induk Ponpes Darussalam, menyatakan, dukungannya setelah melihat silsilah dan rekam jejak kedua tokoh tersebut.

"Dukungan ini karena saya tahu dan sudah mengenal Pak Mahfud sejak lama, latar belakang kinerja mereka seperti apa. Serta sebagai sesama santri pondok pesantren," terangnya, Rabu (10/1/2024).

Darussalam dikenal sebagai pondok pesantren besar di Banyuwangi dengan sekitar 9.000 santri dari seluruh Indonesia. Ponpes tersebut juga dikenal melahirkan sejumlah tokoh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga : Beri Kemudahan Milenial Dan Gen Z Punya Rumah, Bos BTN Dukung Skema KPR 35 Tahun

"Secara pribadi saya dukung Ganjar-Mahfud, saya tidak mengarahkan santri untuk memilih. Tapi biasanya, santri yang ribuan ini ikut apa yang dipilih pengasuhnya," tambah Kiai Hisyam.

Menanggapi dukungan tersebut, Mahfud menegaskan, kedekatannya dengan Kiai Hisyam dan Ponpes Darussalam bukan baru saja jelang Pilpres 2024.

"Saya kenal lama dengan beliau sejak Gus Dur masih ada. Saya sering ke sini dan kita ada ruang khusus untuk mendiskusikan banyak hal," timpal Mahfud.

Baca juga : Dihadiri Hary Tanoe, FBR Dan IKAMA Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

Sebelumnya, Anies dan Cak Imin sempat berziarah ke kompleks makam mendiri pondok. Setelah itu, mereka bersilaturahmi dengan pengurus pondok. Kala itu, KH. Ahmad Hisyam Syafaat menyambut kedatangan AMIN dengan mengucap syukur dan menyatakan bahwa tagline Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan membuat bingung Bawaslu.

"Selamat datang di Pondok Pesantren Darussalam ini dan AMIN ini akan bikin bingung Bawaslu, kenapa? Kalau di luar dilarang menyebut AMIN nggak apa-apa, tapi kalau di musala dan masjid usai mengucapkan Waladhdholin, masak dilarang mengucap AMIN?" ungkap Kiai Hisyam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.