Dark/Light Mode

Naikkan Anggaran Pertahanan

Gatot Eddy Pramono: Ganjar-Mahfud Komit Sejahterakan Prajurit TNI-Polri

Kamis, 11 Januari 2024 15:34 WIB
Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Komisaris Jenderal. Pol (Purn) Prof. Gatot Eddy Pramono pegang mikrofon. Foto: Istimewa
Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Komisaris Jenderal. Pol (Purn) Prof. Gatot Eddy Pramono pegang mikrofon. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menaikkan anggaran pertahanan dan keamanan sekitar 1 persen hingga 2 persen, jika mendapatkan amanah.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Komisaris Jenderal. Pol. (Purn.) Prof Gatot Eddy Pramono mengatakan, langkah ini sangat tepat untuk memperkuat sistem pertahanan Indonesia dan mempercepat upaya modernisasi sistem militer.

Apalagi, wilayah Indonesia sangat luas. Sehingga peningkatan alokasi anggaran pertahanan dan keamanan sifatnya esensial agar mendukung upaya membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Baca juga : TPN: Bentuk Badan Siber, Inovasi Ganjar-Mahfud Jamin Keamanan Nasional

"Tambahan anggaran juga akan dapat memperkuat ketahanan nasional serta tercapainya Minimum Essential Force di lima tahun yang akan datang," jelas Gatot Eddy Pramono (GEP) yang menjabat sebagai Wakapolri periode 2020-2023, dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

Mengutip data Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI), dibanding negara di Asia Tenggara, porsi anggaran pertahanan dari PDB relatif di tengah.

Singapura telah mengalokasikan anggaran militer dan pertahanannya sekitar 2,77 persen dari PDB. Sedangkan, Thailand, Filipina dan Malaysia masih di bawah Indonesia.

Baca juga : Jurkamnas TPN Janji Wakafkan Gajinya Satu Tahun Jika Ganjar-Mahfud Terpilih

"Karena masih di bawah 1 persen dari PDB, ini dapat menjadi hambatan dalam upaya modernisasi militer," ujarnya.

Yang penting lainnya, peningkatan anggaran ini juga untuk menyejahterakan prajurit TNI dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Melalui perumahan untuk anggota, insentif lembur, layanan konseling psikologis, hingga beasiswa sekolah gratis untuk anak-anak dari prajurit.

Baca juga : IPW Puji Tekad Ganjar-Mahfud Bikin Bahagia Prajurit TNI-Polri

Berbagai program ini akan berdampak positif terhadap peningkatan kinerja dan integritas dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Selain itu, juga akan sangat membantu upaya percepatan pelaksanaan demokrasi substantif, penghormatan HAM, supremasi hukum yang berkeadilan, dan keamanan yang profesional untuk mempercepat Indonesia unggul.

"Ini salah satu concern utama Ganjar-Mahfud. Kesejahteraan prajurit dapat berdampak positif pada integritas dan kinerja mereka," tegas GEP.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.