Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gerakan Anak Muda Satu Nusa Satu Suara Deklarasi Dukung AMIN Di Tapal Kuda Jatim

Kamis, 11 Januari 2024 18:32 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Puluhan perwakilan pemimpin muda yang berada di Kawasan Tapal Kuda, atau ujung Timur Jawa Timur (Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan) mendeklarasikan dukungan untuk calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Deklarasi dukungan ini diinisiasi oleh Gerakan Nusantara atau Anak Muda Satu Nusa Satu Suara untuk Anies-Muhaimin (AMIN). 

Para perwakilan pemimpin muda di daerah yang juga biasa disebut sebagai wilayah Pandhalungan ini menilai, pasangan AMIN adalah simbol konkret perjuangan rakyat dan bukan elit.

Serta memiliki visi dan misi paling kuat untuk mewujudkan kesejahteraan sosial secara adil merata.

"Kami melihat visi dan misi pasangan AMIN jelas berpihak kepada seluruh rakyat, tidak ada privilege. Terutama kami, para pemuda yang berjuang dari nol di berbagai daerah, isu ini sangat penting di tengah dominasi elit baik itu ekonomi maupun politik," ujar Koordinator Wilayah Tapal Kuda Gerakan Nusantara Jatim, Moh Halili. 

Baca juga : Poros Gerakan Pemuda Di Tangerang Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Hal itu disampaikannya dalam diskusi kebudayaan yang sekaligus diisi deklarasi dukungan terhadap AMIN, di Jember, Rabu (10/1/2024).

"Kami juga perhatikan track record mas Anies memimpin Jakarta, komitmen keberpihakan terhadap rakyat sangat jelas dan membuka dialog secara inklusif," sambungnya.

Selain itu, kata Halili, deklarasi ini juga menjadi bagian dari spirit dan semangat anak muda untuk ambil bagian dan ambil peran dalam menentukan nasib negara ini.

Khususnya, dalam memilih pemimpin nasional yang terbaik untuk Pilpres 2024.

"Dalam hal ini teman-teman yang tergabung dalam Gerakan Nusantara se-Tapal Kuda Jatim sudah mengambil sikap dan arah politik untuk memastikan bahwa pasangan AMIN ini harus menang mutlak di Jawa Timur," ungkap Halili. 

Baca juga : Generasi Muda Nahdlatul Ulama Resmi Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Untuk itu, pihaknya bersama seluruh anak-anak muda di wilayah Pandhalungan akan bergerak militan mensosialisasikan paslon nomor urut 1.

"Dan mengajak warga untuk tidak ragu mencoblos Anies-Muhaimin sebagai presiden dan wakil presiden RI," tuturnya. 

Sementara itu, Koordinator Gerakan Nusantara Kabupaten Jember, M Isbat menyatakan bahwa tujuan utama deklarasi ini bukan hanya memperkuat potensi kemenangan pasangan AMIN dalam Pemilu 2024.

Namun juga, ingin memperkuat komitmen AMIN dalam melakukan pemberdayaan untuk pemuda Indonesia dan membuka akses kemajuan bagi seluruh anak bangsa tanpa terkecuali.

"Diskusi yang dibarengi dalam deklarasi ini juga menjadi jembatan bagi kita menyerap aspirasi dari anak-anak muda daerah yang hari ini mengalami banyak halangan dan keterbatasan, khususnya akses berkembang dan sejahtera secara adil dan merata," terangnya.

Baca juga : Diyakinkan Barikade Tugiman, Warga Kabupaten Bekasi Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Menurut dia, anak muda di daerah, lulusan sekolah menengah atau perguruan tinggi terbentur dengan persoalan akses lapangan kerja yang baik, khususnya jika tidak punya privilage.

"Padahal mereka punya skill, namun kenyataannya masih susah mendapat kesempatan," ungkap Isbat.

Acara Diskusi Kebudayaan dan Deklarasi Gerakan Nusantara untuk AMIN wilayah Tapal Kuda ini turut dihadiri Sekretaris Nasional Gerakan Nusantara, Raihan Muhammad Akmal; Ketua Bidang Sosialisasi Dan Penggalangan Strategis Gerakan Nusantara, Muhammad Daffa; dan Ketua Gerakan Nusantara Regional Jawa Timur, Fahrur Rozi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.