Dark/Light Mode

Dana Kampanye Yang Dilaporkan

PDIP Dan PSI Juaranya

Senin, 15 Januari 2024 08:00 WIB
Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik. (Foto: Antara)
Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seluruh parpol peserta Pemilu 2024 telah membuat Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Dari data yang dirilis KPU, PDIP dan PSI jadi juara sebagai partai yang paling banyak menerima dana kampanye. PDIP yang sudah 2 kali menang Pileg memiliki total penerimaan dana kampanye mencapai Rp 183 miliar. Sementara PSI yang belum lama dipimpin putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep memiliki total dana kampanye sebesar Rp 33 miliar.

Kemarin (14/1/2024) merilis LADK dari 18 parpol peserta Pemilu 2024. Dari 18 parpol, tercatat PPP, PSI, dan Gelora yang belum lengkap dalam melaporkan dana kampanye yang dikeluarkan. Sementara untuk laporan dana masuk, KPU menyebut seluruh parpol sudah lengkap.

Baca juga : Kampanye Di Salatiga, Kaesang Ajak Relawan Menangkan Prabowo-Gibran 1 Putaran

“Partai politik peserta pemilu tahun 2024 tingkat pusat, telah menyampaikan LADK perbaikan kepada KPU RI melalui Sikadeka,” kata Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik di Gedung KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, kemarin.

Dari rilis yang dikeluarkan KPU, PDIP menempati urutan ke-1 sebagai parpol dengan penerimaan dana kampanye terbesar. Rinciannya, dana kampanye Rp 183 miliar, dan yang sudah dikeluarkan sebesar Rp 115 miliar. Sebagai runner up, jatuh kepada PSI. Partai yang dinakhodai Kaesang Pangarep ini menerima Rp 33 miliar dan mengeluarkan Rp 24 miliar.

Baca juga : Hadirkan Raffi Ahmad, Kampanye Prabowo-Gibran Makin Menarik Banyak Pemilih

PAN di posisi ketiga. Partai yang dipimpin Zulkifli Hasan menerima Rp 29,8 miliar dan mengeluarkan Rp 22,4 miliar. Selanjutnya ada PPP dengan penerimaan Rp 20 miliar dan pengeluaran Rp 13,1 miliar. Berikutnya ada PKS dengan penerimaan Rp 12,7 miliar dan pengeluaran Rp 8,2 miliar.

Partai Perindo menerima Rp 10,1 miliar dengan total pengeluaran Rp 9,1 miliar. Selanjutnya Partai Golkar. Partai yang dipimpin Airlangga Hartarto ini mengumpulkan dana kampanye Rp 10 miliar, dengan pengeluaran Rp 4,6 miliar.

Baca juga : KPU Siapkan Pilpres 2 Putaran

Partai Demokrat menerima Rp 8,7 miliar dan mengeluarkan Rp 3,9 miliar. Partai NasDem menerima dana kampanye Rp 7,7 miliar, dengan pengeluaran Rp 7,6 miliar. Partai Gelora menerima Rp 5,8 miliar dengan pengeluaran Rp 5,6 miliar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.