Dark/Light Mode

Survei IPS: Kurang dari 1 Bulan Pemilu, 80,7 Persen Pemilih Prabowo-Gibran Sudah Mantap Tak ke Calon Lain

Selasa, 16 Januari 2024 16:55 WIB
Survei Indonesia Polling Station menjelaskan pemilih Prabowo-Gibran merupakan pendukung paling loyal dengan 80,7 persen responden mengaku sudah mantap dan akan memilih pasangan pilihannya. (Foto: Instagram @prabowo_subianto)
Survei Indonesia Polling Station menjelaskan pemilih Prabowo-Gibran merupakan pendukung paling loyal dengan 80,7 persen responden mengaku sudah mantap dan akan memilih pasangan pilihannya. (Foto: Instagram @prabowo_subianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indonesia Polling Station (IPS) menunjukkan bahwa 80,7 persen pemilih Prabowo-Gibran mengaku sudah mantap dengan pilihannya dan tidak akan berpindah paslon capres-cawapres lain ketika pemilu yang akan digelar kurang dari satu bulan lagi.

"Pemilih Prabowo-Gibran merupakan pendukung paling loyal dengan 80,7 persen responden mengaku sudah mantap dan akan memilih pasangan pilihannya Februari nanti," kata peneliti senior IPS Alfin Sugianto secara daring, Selasa (16/1/2024).

Baca juga : Survei IPS: Elektabilitas Prabowo-Gibran Melesat Usai Diserang di Debat ke-3, Capai 51,8 Persen

Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa pemilih paslon nomor urut dua merupakan yang paling banyak merasa mantap dengan pilihannya.

Jumlahnya lebih banyak dibanding pemilih Ganjar-Mahfud, yang hanya 73,3 persen responden mengaku tidak akan berpindah haluan.

Baca juga : Survei IPS: Kalau Tak Ada Gempa Politik, Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran

Sementara, pemilih Anies-Muhaimin hanya sebesar 69,3 persen responden yang mengaku sudah yakin. Sehingga, potensi menjadi swing voters cukup besar, yaitu 29,1 persen.

IPS menggunakan teknik wawancara tatap melalui telepon berpedoman kuesioner di 38 provinsi di seluruh wilayah Indonesia dimulai pada tanggal 7 hingga 14 Januari 2024.

Baca juga : Survei SPIN: Diserang Ganjar-Anies, Elektabilitas Prabowo Malah Melejit

Jumlah sampel sebesar 1220 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling ) dengan margin of error +/- 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.