Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (106)

Pembelajaran Dari Laut Mati

Rabu, 10 Januari 2024 05:25 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Antara kota Amman, Jordania, dengan perbatasan Palestina, di situ ada pemandangan sungguh sangat menakjubkan. Bukan hanya indah dan unik tetapi menyimpan sejarah dan misteri. Disebut Laut Mati karena airnya sangat asin, kadar garamnya 6 kali lebih kuat atau 32 % daripada air air laut Mediteranian  sekitar 32 %.

Kadar asin yang tinggi ini tidak memungkinkan adanya makhluk biologis bisa hidup di dalamnya. Kadar sin tinggi itu juga memungkinkan kita bisa terapung di atasnya tanpa menggunakan pelampung. Panjang Laut Mati sekiar 72 KM dan lebamya sekitar 10-14 km.

Baca juga : Pembelajaran Dari Misteri Sumur Nabi Ayub

Luas Laut Mati atau bisa disebut danau raksasa luasnya 85 x 15,7 km, dengan kedalaman sampai 491 m. Areal ini berada di bawah permukaan laut (417,5 m) dan merupakan titik terendah di permukaan bumi.

Para ahli meperkirakan laut mati terbentuk tiga juta tahun silam ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai Yordan yang menyebabkan masuknya air laut di dalamnya.

Baca juga : Pembelajaran Dari Air Zamzam (2)

Laut Mati ini banyak dikunjungi para turis dan peziarah dari manca Negara dan dari berbagai agama. Lumpurnya diyakini warga setempat dapat mengobati beberapa jenis penyakit kulit dan tulang. Lumpurnya juga diketahui mempunyai efek untuk mempercantik kulit, sehingga banyak sekali pengunjung mandi sambil mengolesi badannya dengan lumpur hitam pekat dan pahit itu.

Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah dan dapat membantuk kesehatan.

Baca juga : Pembelajaran Dari Air Zamzam (1)

Laut Mati juga menyimpan sejarah dan misteri. Dalam perspektif Islam, Laut Mati menjadi saksi sejarah kenakalan umat Nabi Lut yang terkenal dengan kejahatan seksualnya (homoseksual). Akhirnya Allah SWT mengutus delapan malaikat menyamar sebagai pemuda tampan. Rahasia hadirnya pemuda ini dibocorkan oleh isteri Nabi Lut yang diklaim sebagai isteri paling jelek di dalam Al-Qur’an.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.