Dark/Light Mode

Publik Sudah Cerdas Dalam Memilih, Setara Institute: Acuannya Rekam Jejak

Rabu, 17 Januari 2024 10:33 WIB
Wakil Ketua Badan Pengurus Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos. Foto: Istimewa
Wakil Ketua Badan Pengurus Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Setara Institute menanggapi pernyataan Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD yang mengimbau masyarakat untuk memilih calon pemimpin berdasarkan rekam jejak.

"Rekam jejak pasangan calon menjadi ukuran yang pas untuk melihat kapasitas siapa yang bisa membawa kemajuan Indonesia. Terutama konsistensi paslon tersebut selama ini berpihak pada yang termarjinalkan," kata Wakil Ketua Badan Pengurus Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos, Rabu (17/1/2024).

Bonar menambahkan, Pemilu bukan hanya mencegah orang berperilaku negatif menjadi berkuasa. Melainkan memilih pemimpin yang mampu melayani kebutuhan masyarakat.

Baca juga : Perpusnas Raih Juara 1 Anugerah Reksa Bandha

"Tentunya juga bisa membawa kesejahteraan," sambung sosok yang akrab disapa Coki itu.

Coki juga mengungkapkan masyarakat akan menjatuhkan pilihan dengan melihat siapa yang lebih menguntungkan.

"Masyarakat berpikir sederhana, bukan berarti tidak kritis dan tidak rasional, tetapi melihat siapa yang paling nyata dan kongkrit menguntungkan mereka," tegasnya.

Baca juga : Aliansi Mahasiswa Jawa Timur Gelar Mimbar Bebas, Ini Tuntutannya

Dia juga menyebut rasionalitas publik justru sangat memperhatikan rekam jejak dari para Capres-Cawapres.

"Rasionalitas publik semacam ini yang terkadang tidak dimengerti oleh segelintir kaum terdidik. Justru publik sangat menekankan jejak rekam paslon menjadi penting bagi kebanyakan mereka. Siapa paslon yang rekam jejaknya berpihak pada rakyat itu yang akan dipilih," pungkasnya.

Sebelumnya, Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengungkapkan pentingnya memilih berdasarkan rekam jejak. Tidak sekadar visi-misi Paslon. Mahfud juga mengungkapkan Pemilu bukan sekadar hura-hura, tetapi mencegah yang negatif berkuasa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.