Dark/Light Mode

Didampingi Mantan Wapres Jusuf Kalla

Anies Kampanye Di Sulsel

Kamis, 18 Januari 2024 07:30 WIB
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (kedua kiri) dan Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso Faried Wadjedy (tengah) memberikan sambutan saat mengunjungi Pondok Pesantren DDI Mangkoso di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (17/1/2024). (Foto: Antara)
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (kedua kiri) dan Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso Faried Wadjedy (tengah) memberikan sambutan saat mengunjungi Pondok Pesantren DDI Mangkoso di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (17/1/2024). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan dua hari ini keliling Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam kampanyenya, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu didampingi politisi senior, yang juga mantan Wapres, Jusuf Kalla (JK).

Pertama, Anies makan malam bareng JK di RM Tumbak Kayubangkoa, Makassar, Selasa (16/1/2024) malam. Selain menyantap hidangan ikan, Anies minum jus belimbing. "Belimbingnya segar. Memang be­limbing itu kalau sudah matang enak, tapi kalau belum ya asam," ucap Anies.

Usai santap malam, Anies bersama istri, Fery Farhati, ber­malam di kediaman JK. Paginya, Anies kembali sarapan bersama JK ditemani istri, Mufidah JK. Setelah sarapan bersama, JK lanjut menemani Anies berkam­panye di Bone, menghadiri per­temuan simpatisan di Lapangan Sepak Bola Cina.

Baca juga : Datangi Kawasan Industri Balaraja, Andi Gani Kampanyekan Ganjar-Mahfud ke Ribuan Buruh

"Ini pertama kali ikut Anies kampanye, karena sekalian pulang kampung. Kalau bukan ke Bone, saya juga tidak ikut," canda JK.

Kedatangan Anies disambut antusiasme masyarakat Bone yang memadati Bandara Arung Palaka, Bone. Anies dan JK sem­pat kesulitan menembus lautan massa. "Alhamdulillah, saya bersama Pak JK ke sini, tem­pat kelahiran beliau, kampung halamannya. Ini sebuah kehor­matan," tutur Anies, disambut teriakkan massa mengelu-elukan nama Anies dan JK.

Anies mengaku merinding melihat semangat perubahan masyarakat Bone. Dia ber­janji, jika diberi amanah, akan mengedepankan keadilan se­hingga pembangunan dapat dirasakan semua daerah, terma­suk Bone. "Dengan uang kita bisa mendatangkan orang, tapi uang tidak bisa menggerakkan semangat," ujar Anies.

Baca juga : Mentan Dampingi Presiden Kunjungi Pusat Perbelanjaan Di Banyumas

Setelah itu, Anies melanjutkan kunjungannya ke Barru meng­hadiri acara di Pondok Pesantren DDI Mangkoso. JK juga akan menghadiri acara di pondok pesantren tersebut.

Sementara Juru Bicara Timnas AMIN, Ismail Bachtiar meng­klaim, pihaknya merasakan sejumlah intimidasi menjelang kedatangan Anies di Bone. "Dua hari sebelum acara kita sudah masang baliho, spanduk ke mana-mana, besoknya hilang, dicabutin. Selain intimidasi ada juga hoaks yang disebarkan yang mengatakan Anies batal datang ke Bone," katanya.

Dia bersyukur, meski diintimidasi dan diserang hoaks, acara yang digelar di Lapangan Bola Cina Bone berjalan lancar tanpa hambatan. Yang hadir pun membludak.

Baca juga : Didampingi Hary Tanoe, Ganjar Terima Dukungan Dari Pengusaha Mie Dan Bakso

Anies tak khawatir dengan berbagai tekanan. Sebab, dia bilang, tekanan yang didapatkan pihaknya tidak lebih berat dari tekanan hidup rakyat. "Tekanan yang kita hadapi ini tidak ada apa-apanya dibanding ibu-ibu yang kesulitan harga-harga ba­han pokok. Petani yang pusing karena pupuk langka dan mahal dan lainnya," tegasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 18/1/2024 dengan judul Didampingi Mantan Wapres Jusuf Kalla, Anies Kampanye Di Sulsel   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.