Dark/Light Mode

Survei indEX

Prabowo-Gibran 51,1 Persen, Anies-Muhaimin Dan Ganjar-Mahfud Saling Kejar

Rabu, 17 Januari 2024 11:11 WIB
Infografis pasangan calon presiden temuan Survei Index. (Foto: Ist)
Infografis pasangan calon presiden temuan Survei Index. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendekati sebulan lagi menuju pencoblosan, pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka masih unggul. Temuan survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan elektabiltas Prabowo-Gibran mencapai 51,1 persen.

Angka tersebut tidak berubah banyak dari survei pada November dan Desember 2023, yang sudah berada di atas 50 persen. Naik dari pertama kali ketika pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum, yang baru sebesar 43,8 persen.

Jika tidak ada perubahan yang signifikan, pemilihan presiden 2024 diprediksi akan berlangsung dalam satu putaran saja. Sementara itu dua pasangan capres-cawapres lainnya berupaya memperebutkan posisi runner up.

Baca juga : Survei indEX: Kepuasan 82,4 Persen, Publik Pilih Capres Dukungan Jokowi

Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar masih unggul dengan elektabilitas 22,3 persen, sedangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyusul sebesar 18,6 persen. Sisanya sebanyak 8,1 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

“Elektabilitas Prabowo-Gibran stabil dan mencapai 51,1 persen, sedangkan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud saling berkejaran di posisi bawah,” ungkap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, pada Selasa (16/1/2024).

Menurut Vivin, dibandingkan kedua pasangan yang lain, pasangan Prabowo-Gibran bisa dikatakan yang paling aman.

Baca juga : Survei SPIN: Bila Ada Putaran 2, Prabowo Menang Telak vs Anies atau Ganjar

“Pasangan dengan nomor urut dua tersebut berhasil menjaga kesolidan basis pendukungnya, bahkan naik tipis dalam dua bulan,” tandas Vivin.

Sebelumnya Prabowo-Gibran bahkan mengalami lonjakan elektabilitas, dari sebelumnya masih berkisar 40 persen.

“Jika ditarik ke belakang lagi, elektabilitas Prabowo masih di bawah 30 persen pada Agustus 2023, bersaing ketat dengan Ganjar dalam simulasi banyak nama,” jelas Vivin.

Baca juga : Survei SPIN: Pasca Debat Ketiga Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi Capai 50,9 Persen, Potensi Satu Putaran

Survei Index Research dilakukan pada 3-9 Januari 2024 terhadap 1200 orang mewakili semua provinsi. Responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dan diwawancara tatap muka. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.