Dark/Light Mode

Datangi Rumah Buruh di Brebes, Ganjar Janji Perjuangkan Kesejahteraan

Rabu, 10 Januari 2024 21:09 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo didampingi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengunjungi rumah buruh di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Brebes, Jawa Tengah Rabu 10/1/2023.
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo didampingi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengunjungi rumah buruh di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Brebes, Jawa Tengah Rabu 10/1/2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo didampingi Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengunjungi rumah buruh di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Brebes, Jawa Tengah Rabu (10/1/2023).

Ribuan buruh telah menunggu dengan setia kedatangan Ganjar Pranowo walaupun di tengah rintik hujan. Rumah yang didatangi Ganjar milik seorang buruh pabrik sepatu bernama Beni Aryono.

Beni merupakan aktivis buruh sekaligus Ketua KSPSI Kabupaten Brebes dan juga memimpin Aliansi Buruh Kabupaten Brebes.

Baca juga : Wujudkan Kemudahan Berusaha UMKM, Crivisaya Ganjar Gelar Bazar Pakaian Murah

Sambil duduk lesehan di rumah buruh, Ganjar mendapatkan keluhan terkait isu-isu ketenagakerjaan. Misalnya, persoalan upah buruh dan revisi UU Cipta Kerja.

Ganjar menegaskan, bersama dengan calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud MD sudah mempunyai komitmen untuk mensejahterahkan buruh.

Karena itulah, Ganjar memastikan akan terus menghadirkan langkah kongkret untuk keadilan bagi para buruh.

Baca juga : Ini Langkah Tegas Ganjar-Mahfud Atasi Pinjol Ilegal Yang Meresahkan Masyarakat

Mulai dari formula upah yang adil buat buruh hingga mencari kesepakatan dalam UU Cipta Kerja.

"Sebenarnya kecemasan dan kekhawatiran ini mereka yang sampaikan dan mereka berharap betul adanya peran Pemerintah untuk bisa memenangi mereka," kata Ganjar.

Sementara, Andi Gani mengungkapkan ada beberapa hal yang dibicarakan buruh dengan Ganjar Pranowo. Yaitu, soal sistem pengupahan yang dikembalikan ke Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dengan survei kebutuhan, dan persoalan outsourcing yang dibatasi jenis pekerjaan serta batas waktu.

Baca juga : Sejahterakan Prajurit, Ganjar Akan Naikkan Anggaran Pertahanan Hingga 2 Persen

"Kemudian, dengan Mas Ganjar, buruh juga membicarakan persoalan PHK diperketat dengan aturan yang ketat, berbagai jaminan untuk buruh diantaranya jaminan perumahan untuk buruh, jaminan kesehatan, dan jaminan pendidikan," ungkap Andi Gani.

Andi Gani yang juga Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Ganjar ini mengatakan, sikap Ganjar yang berani berdiri bersama buruh diharapkan bisa konsisten bahkan jika nantinya terpilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Andi Gani juga memberikan masukan soal ketenagakerjaan untuk materi Debat Capres ke-5 dengan tema Ketenagakerjaan kepada Ganjar Pranowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.