Dark/Light Mode

Debat Capres, Ganjar Tegaskan Dukungan Kemerdekaan Palestina

Senin, 8 Januari 2024 10:03 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo pada debat Capres ketiga yang digelar KPU di Istora Senayan, Gelora Bung Karno GBK, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Foto: Istimewa
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo pada debat Capres ketiga yang digelar KPU di Istora Senayan, Gelora Bung Karno GBK, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan dukungannya atas kemerdekaan Palestina.

Komitmen dukungan itu akan terus digaungkan Ganjar bersama Cawapres pendampingnya, Mahfud MD.

Baca juga : Puas Debat Capres Ketiga, Mardiono: Ganjar Bicara Tentang Fakta Dan Data

Indonesia, sebut Ganjar, tidak akan pernah lupa pada kesetiaan untuk membebaskan bangsa-bangsa dari penjajahan. Ia juga menyatakan Indonesia konsisten mendukung upaya untuk membebaskan seluruh bangsa dari intervensi negara lain.

"Indonesia selalu setia pada kesepakatan yang diambil, dekolonisasi yang dilakukan mendorong meyakinkan kita semua untuk membebaskan seluruh bangsa tanpa mengintervensi satu dengan yang lain," kata Ganjar pada debat Capres ketiga yang digelar KPU di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Baca juga : Paslon 03 Pede Jadi Juara

Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga mengingatkan pentingnya melakukan diplomasi politik luar negeri yang disesuaikan dengan situasi atau konteks terkini.

"Rakyat butuh bekerja. Rakyat butuh lapangan kerja lebih banyak dan investasi harus lebih banyak, maka kita mesti memperkuat infrastruktur diplomasi kita, duta besar, para diplomat. Dan tentu saja, inilah yang mesti kita berikan penugasan-penugasan untuk membereskan persoalan-persoalan kepentingan ekonomi nasional dalam konteks kekinian," paparnya.

Baca juga : Debat Capres 2024, Prabowo Tekankan Perbaikan Kesejahteraan TNI dan Polri

Dalam konteks ini, ungkap Ganjar, politik luar negeri harus dijadikan alat untuk bernegosiasi dengan dunia luar. Juga, dengan kepentingan nasional sebagai rujukan utamanya.

Ganjar juga menyinggung pentingnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang menjadi pusat gravitasi baru, pertahanan 5.0, dan penguatan siber.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.