Dark/Light Mode

Survei EPI Center: Prabowo-Gibran 50,2 Persen, Menang Satu Putaran

Sabtu, 20 Januari 2024 16:38 WIB
Elektabilitas Capres-Cawapres temuan survei Economics  Political Insight (EPI) Center. (Foto: Ist)
Elektabilitas Capres-Cawapres temuan survei Economics Political Insight (EPI) Center. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka memimpin dalam kontestasi Pilpres. Temuan survei Economics & Political Insight (EPI) Center menunjukkan elektabilitas pasangan nomor urut dua tersebut mencapai 50,2 persen.

Dengan capaian elektabilitas yang telah menembus 50 persen, Pilpres 2024 berpotensi kuat hanya akan berlangsung dalam satu putaran saja. Sementara itu kedua pasangan capres-cawapres lainnya bersaing ketat memperebutkan peringkat kedua.

Baca juga : Budisatrio: Prabowo-Gibran Akan Berikan Kepastian Hukum

Untuk sementara elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul sebesar 21,3 persen, terpaut tipis dari Ganjar Pranowo-Mahfud MD yaitu 20,1 persen. Sisanya sebanyak 8,5 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

“Elektabilitas Prabowo-Gibran menembus hingga 50,2 persen, artinya diprediksi bakal memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran,” ungkap peneliti EPI Center Mursalin di Jakarta pada Sabtu (20/1/2024). 

Baca juga : Ketum Kaesang: Prabowo-Gibran Target Raih 75 Persen Suara Di Lampung

Menurut Mursalin, setidaknya ada tiga faktor yang bisa menjelaskan tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran.

“Pertama, tentunya faktor dukungan dari Presiden Jokowi kepada Prabowo, diperkuat dengan majunya Gibran sebagai cawapres,” tandas Mursalin.

Baca juga : Guru hingga Emak-emak Bersorak Sambut Prabowo di Blora: Love You, 1 Putaran

“Majunya Gibran yang notabene putera sulung Jokowi memberi isyarat kuat dukungan mengarah kepada Prabowo alih-alih Ganjar,” lanjut Mursalin.

Survei Economics & Political Insight (EPI) Center dilakukan pada 9-15 Januari 2024, secara tatap muka kepada 1200 responden mewakili 38 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.