Dark/Light Mode

Diskusi Bareng Insan Film

Anies Janji Bangun Bioskop Di Setiap Kota Dan Kabupaten

Minggu, 21 Januari 2024 07:40 WIB
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) menyampaikan pandangannya di hadapan sejumlah praktisi industri perfilman nasional di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id)
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) menyampaikan pandangannya di hadapan sejumlah praktisi industri perfilman nasional di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan,sangat memperhatikan industri perfilman. Salah satu bentuk perhatiannya dengan memastikan setiap kabupaten dan kota memiliki bioskop.

Hal ini ditegaskan Anies saat hadir di dialog bersama pelaku dan insan perfilman di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu(20/1/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, bioskop yang merata di seluruh kabupaten dan kota penting untuk memajukan industri perfilman Indonesia.

Baca juga : Pengamat: Wacana Bersatunya Kubu Anies-Ganjar Harus Dipadukan Kekuatan Rakyat

"Di tahap awal, semua kabupaten dan kota di Indonesia harus punya layar bioskop. Baru meningkatkan rasionya sesuai dengan jumlah penduduk. Soalnya, kalau fokus pada rasio, nanti yang banyak penduduknya banyak pula bioskopnya," kata Anies.

Menurut dia, Badan Perfilman Indonesia (BFI) mengeluh soal link and match yang tidak maksi­mal dalam dunia perfilman. Ini terjadi karena ekosistemnya tidak sehat.

Karenanya itu, jika terpilih, Anies akan membuat program perlindungan pekerja perfilman, pengembangan talenta, mem­perbanyak pusat perfilman dan membenahi regulasi.

Baca juga : Akulaku Group Dukung Kelestarian Lingkungan Di Hutan Kota Ujung Menteng

Selain itu, pemerintahannya tak akan menganggap anggaran untuk perfilman sebagai beban. Melainkan menjadi investasi.

Jika ekosistemnya sehat, Pemerintah mendukung, akan lahir film-film berkualitas. Imbasnya, insan perfilman dan seluruh pe­kerja turunannya bakal sejahtera.

"Investasi ini akan return un­tuk negara," tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.