Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini Strategi Ketahanan Pangan Ala Ganjar-Mahfud

Senin, 22 Januari 2024 22:55 WIB
Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Istimewa
Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menegaskan komitmen untuk membangun ketahanan pangan Indonesia. Keduanya juga telah menetapkan program kedaulatan pangan dalam visi misinya.

"Pertama, pangan terjamin, terjaga, terjangkau, dan terdiversifikasi," kata Mahfud, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (22/1/2024).

Melalui program ini, tambah Mahfud, dirinya menjamin ketersediaan pangan dari dalam negeri, aman, berkualitas, murah, dan terdiversifikasi berbasis kearifan lokal serta mendukung Desa Mandiri Pangan.

"Selain itu, Ganjar-Mahfud juga menjamin kepastian pangan murah melalui stabilisasi harga pangan," lanjut Mahfud.

Baca juga : OJK Genjot Literasi Keuangan Ke Pelajar

Kedua, alsintan modern dan dukungan sarana prasarana. Lewat program ini, Ganjar-Mahfud mendukung petani, peternak, dan nelayan dengan alat modern, benih unggul, pupuk berkualitas, murah, dan tepat waktu.

"Selain itu, Ganjar-Mahfud juga akan memperbanyak sistem pengairan (waduk, bendungan, embung, dan irigasi), jalan usaha tani yang memadai, fasilitas cold storage, serta pengolahan dan pemasaran hasil tani, ikan, maupun ternak terintegrasi," papar Menko Polhukam itu.

Ketiga, mewujudkan industri pangan berkelanjutan. Lewat program ini, Ganjar-Mahfud akan membangun industri pangan berdaya saing dengan mengutamakan sumber pangan lokal.

"Supaya bisa mengolah hasil pertanian menjadi produk bernilai tambah melalui fasilitasi penelitian dan teknologi pangan ramah lingkungan," sebut dia.

Baca juga : Ratusan Advokat Jabar Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

Keempat, menghadirkan lahan subur untuk petani. Dalam hal ini, Ganjar-Mahfud berkomitmen menghentikan alih guna lahan untuk memastikan lahan subur dan lahan produktif diberikan kepada petani kecil dan buruh tani.

"Serta diperkuat dengan pengelolaan tata ruang yang adil dan berkelanjutan," jelas eks ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Kelima, memastikan petani, peternak, dan nelayan sejahtera.

"Melalui program ini, Ganjar-Mahfud akan meningkatkan nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, dan kesejahteraan peternak disertai dengan kebijakan perdagangan yang pro produksi dalam negeri," tuturnya.

Baca juga : Sahabat Ganjar Pranowo Makin Solid Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Sebelumnya, saat debat Cawapres kedua yang digelar KPU di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam, Mahfud menyajikan data impor bahan pangan Indonesia.

Impor beras, misalnya, disebut Mahfud mencapai 2,8 juta ton, kedelai mencapai 2 juta ton serta gula pasir mencapai 4 juta ton, daging sapi 160 juta ton.

"Impor pangan Indonesia semakin banyak volumenya, juga jumlah komoditasnya,” pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.