Dark/Light Mode

Silaturahmi di Ponpes Al Kahfi Kebumen, Gibran Sampaikan Program Kesejahteraan Pesantren

Rabu, 24 Januari 2024 18:22 WIB
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Kahfi Somolangu, Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (24/1). (Foto: Istimewa)
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Kahfi Somolangu, Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (24/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Kahfi Somolangu, Kebumen, Jawa Tengah, Rabu (24/1). Dalam kesempatan itu, Gibran menyampaikan ia dan Capres Prabowo Subianto punya program untuk menyejahterakan pondok pesantren dan santri.

Dana Abadi Pesantren kalau sudah tereksekusi kami ingin bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan pondok dan santri. Harapan kami bagaimana ke depan santri dan pondok bisa lebih berkembang,” kata Gibran.

Baca juga : Capres-Cawapres Perlu Tahu! Prof Tjandra Paparkan Program 5 P Yang Diusung WHO

Gibran mengatakan, santri sudah otomatis pintar mengaji dan berakhlak baik. Tapi Gibran ingin santri lebih dari itu. Santri akan lebih baik kalau menguasai ekonomi syariah, perbankan syariah, perkembangan teknologi, dan cyber security.

“Sehingga santri bisa menghadapi tantangan zaman dan sesuai kebutuhan industri. Kami ingin santri bisa bersaing dengan anak-anak yang lain,” ujarnya.

Baca juga : Silaturahmi dengan Nyai Khos se-Nusantara, Gibran: Kami Ingin Gerakkan Ekonomi Santri

Gibran juga menyampaikan, saat ini Indonesia mendapatkan bonus demografi, yaitu penduduk berusia produktif sangat banyak. Gibran mengajak keluarga pesantren memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin agar Indonesia bisa menuju Indonesia Emas 2045.

“Kami perbanyak program untuk menyiapkan generasi emas. Ada program makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah. Sehingga ke depan tidak ada lagi stunting. Kalau anak sehat, bisa menangkap pelajaran dengan baik,” katanya.

Baca juga : Alam Ganjar Suarakan Program Internet Gratis Dan Satu Sarjana

Pengasuh Ponpes Al-Kahfi KH Afifuddin mengatakan keluarga pesantren mendoakan Gibran dalam menjalani kontestasi Pilpres 2024. “Supaya dikabulkan hajatnya. Semoga beliau diberikan kekuatan ketika diberikan kesempatan memimpin bangsa,” katanya.

Gibran bukan orang asing di mata Kiai Afif. Sebab Presiden Jokowi, yang merupakan ayah Gibran, juga pernah berilaturahmi ke pondok ini sebelum terpilih menjadi Presiden. Menurut Kiai Afif, kedatangan Gibran hari ini seperti bapak tilas. “Pak Jokowi juga ke sini sembilan tahun lalu. Beliau (Gibran) putranya,” kata Kiai Afif.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.