Dark/Light Mode

Survei Political Weather Station

Prabowo-Gibran 52,3 persen, Peluang Pilpres 1 Putaran Tinggal Nunggu Waktu

Jumat, 26 Januari 2024 16:19 WIB
Rilis hasil survei Political Weather Station (PWS), di Jakarta, Jumat, (26/1/2024). (Foto: tangkapan layar)
Rilis hasil survei Political Weather Station (PWS), di Jakarta, Jumat, (26/1/2024). (Foto: tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Political Weather Station (PWS) menunjukkan, elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin melesat pasca debat pilpres keempat. Elektabilitas pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini mencapai 52,3 persen. Di tempat kedua ada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 23 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 19,7 persen. Sebanyak 6,7 persen belum memutuskan atau tidak tahu. 

"Dengan melesatnya elektabilitas Prabowo-Gibran hingga menembus 52,3 persen, secara matematis peluang untuk menyelesaikan Pilpres 2024 dalam satu putaran saja cukup terbuka lebar," kata peneliti senior Sharazani, saat memaparkan hasil survei secara online, di Jakarta, Jumat (26/1/2024). 

Baca juga : Sakti Riau Siap Menangkan Prabowo-Gibran di Bumi Lancang Kuning

Sharazani mengatakan, dalam survei diketahui elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami kenaikan. Adapun tren perkembangan elektabilitas Anies-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud cenderung stagnan. 

Melihat kondisi tersebut, Sharazani menilai kemungkinan Pilpres berlangsung satu putaran makin terbuka. Menurut dia, ada beberapa faktor yang mendukung hal tersebut. Pertama, jika Presiden Jokowi turun gunung dan dengan tegas berkampanye untuk Prabowo-Gibran. Apalagi tingkat kepuasan publik kepada Jokowi masih tinggi. Kedua, semakin lemahnya dukungan terhadap PDI Perjuangan dan semakin banyaknya migrasi dukungan terhadap Prabowo-Gibran.

Baca juga : Survei INES, Prabowo-Gibran Unggul 55,3 Persen

Ketiga, semakin berkembangnya opini publik yang menghendaki Pemilu cukup dilangsungkan satu putaran demi efisien anggaran, kepastian bisnis dan mengakhiri ketegangan politik. "Pilpres satu putaran tinggal soal waktu saja," ujarnya.

Sebaliknya, kata dia, meski elektabilitas Prabowo-Gibran sudah di atas 50 persen,  tetap masih ada peluang pilpres dua putaran. Pertama, tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi tiba-tiba anjlok dan semakin banyak rakyat yang kecewa terhadap pemerintah. Kedua, terjadi gejolak ekonomi yang parah yang menyebabkan rakyat banyak kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok. Ketiga, pasangan Anies-Cak Imin maupun Ganjar-Mahfud tiba-tiba menampilkan strategi kampanye yang luar biasa yang sanggup mengambil simpati rakyat. 

Baca juga : Targetkan Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran, RKB Luncurkan Seribu Posko

Survei PWS dilaksanakan pada periode 21 sampai 25 Januari 2024, di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Survei digelar dengan melakukan wawancara melalui telepon kepada 1220 responden yang dipilih melalui teknik pencuplikan secara acak sederhana. Margin of error 2,81 persen, dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.