Dark/Light Mode

Surat Tertulis Sudah Dikirim Ke Presiden

Bawaslu Imbau Pejabat Negara Jaga Netralitas

Selasa, 30 Januari 2024 06:45 WIB
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja. (Foto: Antara)
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Jokowi dan Prabowo makan bakso di satu meja yang sama. Keduanya pun sempat berbincang di sela-sela makan bakso tersebut. Kabar tersebut menjadi ramai, dan dianggap sebagai penegasan sikap serta dukungan Jokowi.

Kecenderungan Jokowi berpihak kepada Prabowo juga ditangkap publik ketika terjadi momen salam dua jari dari dalam mobil kepresidenan. Pose dua jari tersebut terekam dalam sebuah potongan video yang viral di media sosial baru-baru ini.

Mobil sedan Mercy berwarna hitam itu dilengkapi plat warna merah bertuliskan “Indonesia 1” dan bendera merah putih kecil di bagian depan. Saat melintasi warga, kaca belakang mobil tersebut terbuka.

Baca juga : Kiai Hingga Masyarakat DIY Ingatkan Pejabat Dan Aparat Jaga Netralitas Pemilu

Terlihat seseorang yang berada di sisi kiri bangku belakang mobil mengacungkan dua jari. Tak terlihat jelas siapa sosok tersebut. Namun, terlihat di video, sosok itu mengenakan kemeja putih.

Diduga, peristiwa yang terekam dalam video tersebut terjadi saat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana sedang melakukan kunjungan kerja di Salatiga, Jawa Tengah, pada Selasa, (23/1/2024).

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menyerahkan kasus tersebut kepada Bawaslu.

Baca juga : Menperin Dampingi Presiden Jokowi Dalam Pertemuan Bilateral RI-VietnamĀ 

“Biarkan itu dilihat oleh Bawaslu,” kata Ari di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

Dia menjelaskan, dalam setiap kunjungannya, Presiden Jokowi selalu ingin berinteraksi, menyapa, menyalami dan melambaikan tangan kepada masyarakat. Hal itu terlihat dari ribuan kunjungan Jokowi ke berbagai daerah di Indonesia.

“Nanti kita bisa recheck apa yang sebenarnya terjadi. Tapi intinya, itu upaya Presiden menyapa masyarakat,” ujar Ari.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 30/1/2024 dengan judul Surat Tertulis Sudah Dikirim Ke Presiden, Bawaslu Imbau Pejabat Negara Jaga Netralitas     

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.