Dark/Light Mode

Akademisi Turun Aksi, Wapres: Dinamika Politik Jelang Pemilu

Selasa, 6 Februari 2024 09:42 WIB
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: BPMI-Setwapres)
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: BPMI-Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah akademisi di berbagai kampus turun gunung untuk menyampaikan kritik dan menyerukan pemilu jujur dan adil. Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menilai aksi tersebut merupakan bagian dinamika politik yang harus diperhatikan oleh pemerintah.

“Dinamika politik apa pun, Pemerintah harus perhatikan, artinya meng-assurance dan mengambil langkah-langkah berikutnya seperti apa,” kata Kiai Maruf, di KBRI Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (05/02/2024).

Baca juga : Akademisi Unpad Serukan Pilih Capres Bukan Atas Politik Uang

Lebih jauh, Wapres berharap, aksi para akademisi ini bagian dari dinamika positif yang tidak akan membawa keresahan pada bangsa Indonesia. “Mudah-mudahan saja hanya sampai di pernyataan sehingga bisa diatasi, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang lebih jauh,” ungkapnya.

Masih seputar pemilu, Wapres juga memberikan pendapatnya mengenai kesiapan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di KBRI Abu Dhabi. Menurutnya, PPLN ini sudah siap menyelenggarakan pemilu pada 10 Januari 2024. "Untuk di Abu Dhabi, sudah 5.000 lebih, dengan 8 TPS, semua sudah siap,” sebut Wapres.

Baca juga : Partai Buruh: Pertumbuhan Ekonomi Hanya Dinikmati Orang Kaya

Ia menjelaskan, pihak KBRI masih membuka kesempatan hingga hari H bagi warga negara Indonesia yang belum mendaftar untuk berpartisipasi dalam Pemilu. "Mungkin masih di laut, belum terdaftar. Tapi yang sudah mendaftar lebih dari 5.000,” ujar Wapres.

Sementara ketika ditanya di TPS mana Wapres akan menunaikan hak pilihnya, ia mengemukakan bahwa pihaknya hingga saat ini belum tahu, sebab belum mendapatkan panggilan. Kiai Maruf menyebut alamat rumahnya di Cimanggis, Depok. Sementara rumah dinas di Jalan Diponegoro, Jakarta. 

Baca juga : Bamsoet Ajak Kiai Jaga Iklim Politik Jelang Pemilu 2024

“Jadi, saya belum tahu yang manggil saya yang rumah dinas atau mana. Pokoknya, saya sesuai panggilan saja. Siapa yang manggil, saya datang, saya nyoblos,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.