Dark/Light Mode

WNI Di Kuwait Sudah Nyoblos Pakai Kotak Suara Keliling

Kamis, 8 Februari 2024 14:59 WIB
Pelaksanaan Pemilu di Kuwait. (Foto: Ist)
Pelaksanaan Pemilu di Kuwait. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuwait City telah melaksanakan pemungutan suara (early voting) pertama dengan metoda KSK (Kotak Suara Keliling) pada  Rabu (7/2/2024) dari jam 15.00 sore sampai tengah malam jam 24.00 di 4 lokasi yaitu Kuwait City, Mangaf-Ahmadi, Salmiya dan Jahra.

Untuk pencoblosan dengan metoda TPS di KBRI Kuwait City pada hari Jumat (9/2/2024) yang berjumlah sebanyak 8 TPS dengan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) sebanyak 3.630 dengan perincian 1.189 laki-laki dan 2.441 perempuan.

Seperti diketahui bersama Pemilu di luar negeri menganut mekanisme early voting, yaitu menggunakan hak suara mereka lebih dahulu. Early voting di luar negeri bisa dilakukan lewat tiga cara, yaitu lewat pos, kotak suara keliling dan TPS luar negeri. Untuk di Kuwait tidak ada mekanisme pos.

Baca juga : PSI: Kami Juga Sudah Lama Senang Jokowi

Metoda KSK di Kuwait ini ditujukan untuk WNI yang tidak bisa hadir ke TPS karena alasan pekerjaan dan ijin dari perusahaan, sehingga pendataan sudah dilakukan sejak tahun lalu oleh petugas pantarlih untuk menanyakan kepada pemilih metoda yang akan dipilihnya nanti.

Salah satu wilayah yang dijadikan tujuan tempat pemilihan dengan KSK adalah restoran Indonesia “Selera Kita” di daerah Mangaf. Di lokasi ini banyak pekerja profesional dibidang perminyakan yang jadwal kerja tidak sama sehingga sebagian tidak bisa hadir pada hari Jumat (9/2/2024) untuk pemilihan melalui TPS.

Ada sebanyak 44 pemilih yang akan memberikan suaranya pada hari ini, Rabu (7/2/2024) dengan dibantu petugas KPPSLN sebanyak 3 orang.

Baca juga : WNI Di Korsel Nyoblos Tanggal 10 Februari, Begini Penjelasan KBRI Seoul

Pelaksanaan pemilihan melalui KSK ini juga diawasi oleh pengawas pemilu dan disaksikan oleh utusan peserta pemilu (partai politik) yang sudah memberikan surat mandatnya kepada PPLN Kuwait.

Anggota PPLN Kuwait City, Edi Rahmat menghimbau, semua warga yang sudah mendaftarkan dengan metoda TPS agar bisa hadir pada hari Jumat, 9 Februari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. 

Di tengah suhu yang dingin sekarang ini, keingininan WNI untuk hadir mencoblos sangat tinggi dan antusias sampai malam hari.

Baca juga : Canda Kaesang: Kalau Kesal Sama Gibran, Coblos Wajahnya Di Kertas Suara Pilpres

"Alhamdulillah Kamis dini hari pelaksanaan pemilu dengan metoda KSK sudah selesai dan berjalan dengan lancar, tertib, dan aman," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.