Dark/Light Mode

Quick Count LSN: PDIP Berhasil Cetak Hattrick, Tapi Suara Merosot

Jumat, 16 Februari 2024 09:41 WIB
Founder Lembaga Survei Nasional (LSN) Umar S Bakry.
Founder Lembaga Survei Nasional (LSN) Umar S Bakry.

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan Lembaga Survei Nasional (LSN) menunjukkan PDI Perjuangan berhasil mencetak hattrick atau tiga kali menang beruntun. Namun dibandingkan Pemilu 2014 dan 2019, perolehan suara PDIP mengalami penurunan. 

Berdasarkan hitung cepat LSN yang ditutup pada pukul 04.46 WIB pada Kamis 15 Februari 2024, PDIP berhasil meraih 16,82 persen. Dibandingkan dengan Pemilu 2019 suara PDIP mengalami kemerosotan sekitar 3 persen. 

Founder LSN Umar S Bakry mengatakan, penurunan suara itu disebabkan sejumlah hal antara lain banyak tokoh PDIP yang bermigrasi ke parpol lain. Selain itu, sikap oposisi PDIP terhadap Presiden Jokowi menjadi faktor utama yang menyebabkan suara PDIP merosot. 

Meski begitu, Gema menilai PDIP patut berbangga diri mengingat berhasil mencetak hattrick kemenangan. "Ini adalah untuk kali pertama di era reformasi sebuah partai politik bisa menciptakan hattrick kemenangan," kata Umar, dalam keterangan tertulis, Jumat (16/2/2024).

Sementara itu, Partai Gerindra yang diprediksi bakal memperoleh efek ekor jas (coattail effect) dari kemenangan Prabowo Subianto ternyata tidak terbukti. Partai yang dinahkodai Prabowo Subianto itu berhasil meraup suara 13,89 persen. Kendati berhasil mengalami kenaikan suara dibandingkan Pemilu 2019, tapi peringkat Partai Gerindra di posisi kedua tampaknya bisa digusur oleh Partai Golkar yang mendapat 14,72 persen. 

Baca juga : Real Count KPU Di NTT: Demokrat Dan PDIP Bersaing Ketat, PSI Tembus 5,61 Persen

Berdasarkan quick count LSN, selisih perolehan suara Partai Gerindra dan Partai Golkar sangat tipis. Karena itu, segala kemungkinan masih bisa terjadi. 

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry mengatakan, quick count LSN melibatkan sekitar 1000 relawan yang ditempatkan di sekitar 2000 TPS. Dengan demikian setiap relawan bertugas melaporkan hasil Pemilu di dua TPS. Hingga berita ini diturunkan, data masuk dari seluruh total sampel telah mencapai 98,25 persen.

Dengan sisa sampel kurang dari 2 persen hampir pasti posisi tiga besar pemilihan anggota legislatif akan dihuni oleh PDIP, Partai Golkar dan Partai Gerindra. Dengan selisih suara yang tidak terlalu signifikan, kemungkinan terjadi pergeseran ranking dari ketiga partai papan atas tersebut masih cukup terbuka. 

Berikut Perolehan Suara Partai Berdasarkan Quick Count LSN:

1. PDIP 16,92 persen. 

Baca juga : Quick Count Indikator Politik, Prabowo-Gibran Unggul, Data Masuk 68,70 Persen

2. Partai Golkar 14,72 persen. 

3. Partai Gerindra 13,89 persen. 

4. PKB 10,82 persen. 

5. Partai NasDem 9,25 persen. 

6. PKS 8,21 persen. 

Baca juga : Menteri Siti: Bukan Beda Cara Baca, Tapi Data Deforestasi GFW Salah

7. Partai Demokrat 7,65 persen. 

8. PAN 6,48 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.