Dark/Light Mode

Mudah-mudahan Tidak Bertambah Lagi

27 Petugas KPPS Meninggal

Sabtu, 17 Februari 2024 07:25 WIB
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Idham Holik. (Foto: Dok. KPU)
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Idham Holik. (Foto: Dok. KPU)

 Sebelumnya 
“Petugas KPPS yang meninggal dunia, KPU akan memberi santunan sebesar Rp 36 juta kepada ahli waris. Biaya pemakaman juga akan diberikan oleh KPU dengan uang santunan sebesar Rp 10 juta,” jelasnya.

“Sementara petugas KPPS yang cacat permanen akan mendapatkan santunan Rp 30 juta, mengalami luka berat akan mendapatkan santunan sebesar Rp 16,5 juta dan luka sedang Rp 8,25 juta,” im­buh mantan Komisoner KPU Jawa Barat (Jabar) ini.

Sementara, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pihaknya menerima laporan sebanyak 27 kasus kematian yang dialami petugas KPPS. Mereka dinyatakan meninggal sebelum, saat berlangsung, hingga sesudah hari pemun­gutan suara.

Baca juga : Industri Manufaktur Kita Dan Berdaya Saing Mendunia

“Laporan itu berdasarkan data se­mentara periode 10-15 Februari 2024,” ujar Nadia dalam keterangannya, Jumat (16/2/2024).

Nadia mengungkapkan, penyakit jantung paling banyak mendominasi pe­nyebab kematian, yakni sembilan kasus, dan delapan kasus masih dikonfirmasi penyebabnya. Empat kasus kecelakaan, lalu masing-masing dua kasus septic shock dan tidak memiliki komorbid.

“Kemudian masing-masing satu ka­sus kematian karena acute respiratory distress syndrome dan juga hipertensi,” sebut Nadia.

Baca juga : Waspada... Anak Muda Jadi Target Pinjol Ilegal

Nadia juga merinci paling banyak kasus kematian KPPS ditemukan di Jawa Tengah dengan tujuh kasus. Jawa Timur dan Jawa Barat lima kasus, DKI Jakarta tiga kasus. Selanjutnya, dua kasus kematian di Banten dan Sumatera Selatan. Serta masing-masing satu kasus di Sumatera Utara, Riau, dan Sulawesi Utara.

“Namun angka kematian sudah sangat turun dibandingkan tahun Pemilu 2019, karena kita melakukan berbagai upaya promotif, termasuk pembatasan usia dan skrining,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 17 Februari 2024 dengan judul Mudah-mudahan Tidak Bertambah Lagi, 27 Petugas KPPS Meninggal

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.