Dark/Light Mode

Apapun Hasil Pilpres, Mahfud Bakal Terus Berjuang Untuk Demokrasi Dan Keadilan

Sabtu, 17 Februari 2024 18:42 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD/Ist
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan, apa pun hasil Pilpres 2024.

Bagi Mahfud, membangun demokrasi dan keadilan semata-mata tidak terbatas pada proses Pemilu, juga melalui berbagai bentuk ekspresi dan gerakan masyarakat sipil.

“Apapun hasi Pilpres ini saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan. Dalam demokrasi, dan keadilan bukan hanya ada pada pemilu. Pemilu hanya salah satu ekspresi demokrasi. Saya pernah tak ada di jabatan apapun pada 2014-2016, tapi tetap produktif berjuang dalam demokrasi dan penegakan hukum,” tutur Mahfud usai menghadiri acara pengukuhan tiga Guru Besar Tetap di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

Baca juga : Komentari Hasil Pilpres, Jokowi: Sabar, Tunggu Hasil KPU

Gerakan demokrasi, menurut mantan Menko Polhukam itu,  tidak hanya terjadi di tingkat politik formal. Namun juga melalui partisipasi dan advokasi dari berbagai sektor masyarakat.

Bagi Mahfud, meski di hadapkan pada tantangan, demokrasi memiliki daya tahan yang kuat untuk berkembang.

“Gerakan civil society dan kampus-kampus adalah sumber gerakan dari otoritarianisme menuju ke demokrasi. Sejarah mengajarkan jika demokrasi disumbat maka demokrasi akan selalu membuka jalan sendiri. Ini sejarah kita maupun sejarah umum,” tegasnya.

Baca juga : Lapor Presiden, Mentan Pastikan Produksi Padi Dan Jagung Berjalan Baik

Dewan Pakar Politik TPN Ganjar-Mahfud, Muhammad AS Hikam, menyambut baik pernyataan Mahfud.

Hikam mengatakan, Mahfud sebagai tokoh yang muncul dari kalangan kampus, yang kemudian memegang jabatan penting di legislatif, yudikatif dan eksekutif, menempati posisi terhormat dan akan tercatat dalam sejarah bangsa. Terutama di bidang penegakan hukum dan demokrasi di Indonesia.

Jika Mahfud akan kembali menjadi bagian integral dari gerakan masyarakat sipil, baik itu di dunia akademis, ormas dan NGO, tentu menjadi karunia bagi bangsa.

Baca juga : Kampanye Akbar Di Pacitan, Ibas Beri Ruang Milenial Dan Gen Z Unjuk Kreativitas

“Ini berarti perjuangan demokrasi akan tetap memiliki salah seorang pemimpin yang tangguh, bersih dan berani. Sebuah keberuntungan besar bagi perjuangan demokrasi jika Prof Mahfud berada di dalamnya usai Pilpres 2024,” pungkas Hikam. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.