Dark/Light Mode

RJBBP Sulut Ungkap Faktor Kemenangan Prabowo-Gibran Di Kandang Banteng

Rabu, 21 Februari 2024 17:42 WIB
Tim 8 Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RJBBP) Sulawesi Utara. Foto: Istimewa
Tim 8 Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RJBBP) Sulawesi Utara. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim 8 Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RJBBP) berbagi resep kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga mencapai 75 persen di hitung cepat atau quick qount.

Padahal, Sulut merupakan salah satu wilayah pendukung PDI Perjuangan (PDIP) alias Kandang Banteng yang menjagokan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

"Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak di Sulut,c kata Bendahara Tim 8 RJBBP, Deitje W. Mawuntu, Rabu (21/2/2024).

Deitje merincikan, faktor pertama, semasa kampanye pihaknya selalu mengingatkan masyarakat bahwa Prabowo memiliki ibu kandung asli Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara bernama Dora Sigar. Sontak, Prabowo merupakan putra asli Sulut, berdarah Minahasa.

"Kapan lagi putra daerah bisa jadi Presiden di negara ini, kalau bukan sekarang kita mendukungnya," ungkapnya.

Baca juga : Ketum AMPI Jerry: Kemenangan Prabowo-Gibran, Kemenangan Anak Muda Nusantara

Faktor kedua, relawan masif bergerak di akar rumput, door to door dalam setiap aksi-aksi mandiri. Artinya, tanpa ditopang pembiayaan, mereka bergerak dan menyuarakan Paslon 02 di setiap kegiatan daerah. Misalnya, hajatan kampung, keluarga, hingga kegiatan konsolidasi internal relawan.

"Terbukti saat kampanye akbar tanggal 5 Februari 2024 kemarin di Langowan dan Lapangan Koni Sario Manado, ratusan ribu masyarakat tumpah ruah walaupun hujan mengguyur," katanya.

Faktor ketiga, miltansi relawan yang kuat. Dibandingkan Caleg yang bergerak terbatas di daerah pemilihan (dapil), relawan justru bisa berkampanye lintas daerah menyosialisasikan Paslon 02.

"Efek Senam Gemoy, dan gambar-gambar cartoonnya yang menarik, membuat masyarakat termasuk kaula muda, bahkan anak-anak menggemarinya," katanya.

Keunggulan Prabowo selanjutnya menurut Deitje adalah lagu kampanye yang sangat mudah diingat dan menggundang gerak siapapun yang mendengarnya. Ihwal ini, lagu Tambah Dua Torang Gas yang dinyanyikan putra daerah Sulut, Richard Jersey.

Baca juga : Ini 5 Usulan Apkasindo Ke Prabowo-Gibran Untuk Perkuat Petani Sawit

"Dia berasal dari Kota Bitung, dari kampung asalnya yaitu kepulauan Sangihe Provinsi Sulut," ucapnya.

Dan kemudian yang terpenting adalah program Prabowo-Gibran yang konsisten disampaikan RJBBP ke seluruh masyarakat Sulut.

"Kami berharap Ppogram Prabowo-Gibran dapat terealisasi dan melanjutkan program Pak Jokowi yang perlu diselesaikan," katanya.

Terlebih, katanya, Tim 8 RJBBP memang terlahir dari 10 organ relawan Jokowi saat dua periode kontestasi Pilpres. Saat ini, Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo-Gibran sudah menjadi targetnya untuk dapat memenangkan Paslon 02 sekali putaran.

Dia menambahkan TIM-8 RJBBP akan mengawal suara perolehan kemarin sampai ke penetapan Resmi KPU dan mengawal serta menanti Pelantikan Presiden yang baru. Pihaknya, juga akan menata internal untuk persiapan Rakernas guna membahas pengawalan program presiden terpilih.

Baca juga : Wiranto Jamin Prabowo-Gibran Tak Pernah Rencanakan Kecurangan

"Kami akan menjadi mata, telinga untuk menjembatani keluhan dan masukan masyarakat di tingkat paling bawah sekalipun, agar bisa didengar dan sampai kepada pengambil kebijakan di tingkat pusat," tutur Deitje.

Diketahui, pengurus DPD TIM 8 RJBBP Provinsi Sulut terdiri dari Ketua dewan Pembina atau Plt. Ketua Riki Pontoh SE, Pemegang Mandat Sulut Royke Mandagi juga Sekretaris Recki Tamboto, dan Plt. Ketua Kab. Minahasa Bobby Senduk.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.