Dark/Light Mode

Soal Kisruh Pemilu 2024, Mahfud: Minimal Ada 2 Jalur Resmi

Senin, 26 Februari 2024 10:52 WIB
Cawapres 03 Mahfud MD (Foto: Instagram)
Cawapres 03 Mahfud MD (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres 03 Mahfud MD menyampaikan pandangannya, soal kekisruhan Pemilu 2024 yang kini ramai dibicarakan publik. "Minimal ada dua jalur resmi untuk menyelesaikan kekisruhan Pemilu 2024," kata Mahfud via Instagram, Senin (26/2/2024).

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013 itu pun menguraikan dua jalur resmi yang dimaksud. Berikut rinciannya:

Baca juga : Soal Hak Angket Pemilu 2024, Muhammadiyah Pastikan Netral

1. Jalur hukum melalui MK yang bisa membatalkan hasil pemilu, asal ada bukti dan hakim MK berani.

2. Jalur politik melalui angket di DPR yg tak bisa membatalkan hasil pemilu, tetapi bisa menjatuhkan sanksi politik kepada Presiden, termasuk impeachment. Tergantung pada konfigurasi politiknya.

Baca juga : Soal Hak Angket Pemilu, Mahfud: Mendukung Nggak Ada Gunanya Kalau DPR Nggak Mau

"Jalur hukum bisa ditempuh oleh paslon, yang arenanya adalah MK. Jalur politik bisa ditempuh anggota parpol, yang arenanya adalah DPR. Semua anggota parpol di DPR punya legal standing untuk menuntut dengan angket," jelas Mahfud.

Pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 ini pun meluruskan pendapat, yang menganggap kisruh pemilu tak bisa diselesaikan melalui angket.

Baca juga : Pemilu 2024 Sukses, Luhut: Bakal Ada Investasi Jumbo Petrochemical Dari China

"Adalah salah mereka yang mengatakan kisruh pemilu ini tak bisa diselesaikan melalui angket. Bisa, dong. Saya paslon, tak bisa menempuh jalur politik, namun masuk melalui jalur hukum. Tetapi, Mas Ganjar dan Cak Imin bisa langsung melalui dua jalur, karena selain paslon, mereka juga tokoh parpol," terang Mahfud.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.