Dark/Light Mode

Tanyakan Juga Ke KPU

Soal Kenaikan Suara PSI, Jokowi: Itu Urusan Partai, Tanyakan Ke Partai

Senin, 4 Maret 2024 12:23 WIB
Presiden Jokowi (tengah) diapit Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kiri) dan Wapres KH Maruf Amin dalam keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin (4/3/2024). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi (tengah) diapit Menteri Sekretaris Negara Pratikno (kiri) dan Wapres KH Maruf Amin dalam keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin (4/3/2024). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi tak banyak bicara saat ditanya soal perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam Pemilihan DPR, yang terus memperlihatkan kenaikan.

"Itu urusan partai. Tanyakan ke partai. Tanyakan ke KPU," kata Jokowi dalam keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Untuk diketahui, merujuk hasil perhitungan resmi (real count) Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Senin (4/3/2024) pukul 11.00.00, dengan progress data 65,85 persen (542.065 dari 823.236 TPS), perolehan suara PSI telah mencapai 3,13 persen. Nyaris memenuhi ambang batas parlemen (parliamentary threshold) 4 persen.

Baca juga : Pemkot Tangerang Gelar Gerakan Pangan Murah Di 39 Lokasi

Atau hampir menyusul sembilan partai yang dipastikan lolos ke parlemen: PDIP (16,39 persen), Golkar (15,05 persen), Gerindra (13,3 persen), PKB (11,54 persen), NasDem (9,42 persen), PKS (7,5 persen), Demokrat (7,41 persen), PAN (6,95 persen), dan PPP (4,01 persen).

Sebelumnya, pada Sabtu (2/3/2024), Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyampaikan pandangan soal kenaikan suara partai yang dipimpin putra bungsu Jokowi: Kaesang Pangarep, dalam rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024. Menurutnya, itu adalah hal yang wajar.

“Penambahan, termasuk pengurangan suara selama proses rekapitulasi adalah hal wajar. Yang tidak wajar adalah, apabila ada pihak-pihak yang mencoba menggiring opini dengan mempertanyakan hal tersebut,” kata Grace Natalie dalam keterangannya.

Baca juga : Pesan Mahfud Soal Pemilu Hari Ini: Kalau Tidak Puas Silakan Tempuh Jalur Hukum

Dia pun menyesalkan penilaian beberapa pihak, yang menurutnya tendensius terhadap PSI.

"Kenapa yang disorot hanya PSI? Bukankah kenaikan dan penurunan juga terjadi di partai-partai lain? Dan itu wajar, karena penghitungan suara masih berlangsung,” tutur Grace.

"Kita tunggu saja hasil perhitungan akhir KPU. Jangan menggiring opini yang menyesatkan publik,” tandasnya.

Baca juga : Mentan Pastikan Urusan Produksi Petani Dibikin Mudah

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.