Dark/Light Mode

Soal Hak Angket, Tobas: NasDem Tunggu Kesiapan PDIP

Kamis, 7 Maret 2024 08:34 WIB
Anggota DPR dari Fraksi NasDem Taufik Basari. (Foto: DPR)
Anggota DPR dari Fraksi NasDem Taufik Basari. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Fraksi Partai NasDem DPR Taufik Basari (Tobas) menegaskan, partainya siap mendukung hak angket untuk menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024. Saat ini komunikasi informal pematangan hak angket sedang berjalan. 

“Secara informal sudah ada pembicaraan (dengan fraksi PDI Perjuangan), tetapi kita lagi memastikan pematangan dari proses komunikasi ini,” kata Tobas, kepada wartawan, Kamis (7/3/2024). 

Baca juga : Pengamat: Pengguliran Hak Angket Kemunduran Demokrasi Di Indonesia

Tobas menilai, pihaknya kini menunggu langkah PDIP. Menurut dia, berjalan atau tidaknya hak angket sangat tergantung pada kesiapan PDIP.

“Karena mereka yang mengawali usulan hak angket ini dan juga sebagai fraksi terbesar dan kita menghormati, ya kita menunggu juga kesiapan PDI Perjuangan,” beber Ketua DPP Partai NasDem ini.

Baca juga : Kembali Ditanya Soal Hak Angket, Jokowi: Itu Urusan DPR, Silakan Tanya Ke DPR

Lebih lanjut, Tobas mengatakan, meskipun tanpa PDIP, Fraksi Partai NasDem siap menggunakan hak angket dugaan kecurangan Pemilu. Kata dia, partainya saat ini sedang mempersiapkan persyaratan pengajuan hak angket.

Terkait kapan akan diajukan kepada pimpinan DPR? Tobas tak merinci. Namun, ia menyebut akan disampaikan sesegera mungkin. 

Baca juga : Soal Hak Angket, Ribut Di Luar, Senyap Di Senayan

“Artinya, substansinya harus kuat termasuk juga alasan-alasannya misalnya pelanggaran UU mana yang terjadi, kebijakan apa yang mau kita selidiki, atau penyalahgunaan anggaran mana yang selama ini terjadi, itu yang harus kita pastikan termuat dalam pengajuan hak angket kita,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.