Dark/Light Mode

Pecah Telur Di Dapil Jabar VI

PKB Bakal Kirim 1 Wakilnya Ke Senayan

Selasa, 12 Maret 2024 16:45 WIB
Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) VI, Sudjatmiko. Foto: Istimewa
Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) VI, Sudjatmiko. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Sudjatmiko berpeluang mengamankan satu kursi Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) VI.

Sudjatmiko mencatat sejarah. Sebab, sejak Pemilu digelar secara langsung, PKB belum pernah pecah telur dari Dapil basis PKS yang meliputi Depok-Bekasi ini.

Nama Sudjatmiko jadi satu-satunya yang akan menjadi wakil rakyat dari partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar tersebut.

Perolehan suaranya melaju kencang meninggalkan sejumlah Caleg PKB lainnya. Bahkan, perolehan suara Sudjatmiko mengungguli inkamben seperti Intan Fauzi PAN, Mahfudz Abdurrahman PKS, dan Sukur Nababan PDI Perjuangan.

Baca juga : Raih Suara Ketiga Terbanyak di Dapil Jabar IX, Elita Budiati Jadi Pendatang Baru di Senayan

"Alhamdulillah. Insya Allah PKB punya satu perwakilan di Daerah Pemilihan Jawa Barat VI," kata Sudjatmiko kepada Rakyat Merdeka, Senin (11/3/2024).

Setelah dilantik, Sudjatmiko berjanji akan membenahi infrastruktur Depok-Bekasi. Utamanya mengenai penanganan banjir dengan menormalisasi sungai di Bekasi. Selain itu, mendorong agar sodetan dari sungai di Bekasi ke Banjir Kanal Timur (BKT).

"Saya akan membuat infrastruktur Kota Bekasi lebih baik, yang selama ini tidak pernah diperjuangkan oleh DPR RI dari dari Dapil Bekasi-Depok," tambahnya.

Selain itu, dia juga akan mendorong untuk memperbanyak perlintasan tidak sebidang seperti underpass dan flyover yang membelah kota Bekasi di utara ke selatan.

Baca juga : MPR Gelar Rapim, Bahas Pergantian Wakil Ketua hingga Sidang MPR

"Untuk Depok memperbanyak jalan ring road dan memperluas jalan protokol di Kota Depok. Menambah integrasi sarana angkutan publik yang sudah ada," sebut CEO PT Asri Karya Lestari ini.

Lantas, ingin duduk di komisi berapa? Sudjatmiko ingin berada di Komisi V yang membidangi infrastruktur dan perhubungan.

"Soal komisi, tentu inginnya sesuai profesi dan disiplin ilmu yang saya miliki adalah Komisi V," pungkas Sekretaris Dewan Syuro PKB Kota Bekasi ini.

Diketahui, KPU Kota Depok telah mengumumkan hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu DPR RI di Kota Depok di Hotel Santika Depok, Sabtu (9/3/2024).

Baca juga : Darmizal Yakin PSI Melenggang Ke Senayan

Kuota kursi DPR RI Dapil Kota Depok-Bekasi 6 kursi. Dari 6 Caleg yang lolos ke DPR RI, ada 3 Caleg pendatang baru, yakni Ranny Fahd A Rafiq (Golkar) (Golkar), Muhammad Kholid (PKS), dan Sudjatmiko (PKB).

Berikut ini 6 Caleg dengan suara terbanyak yang dipastikan melenggang ke Senayan DPR dari Dapil Kota Depok-Bekasi: Ranny Fahd A Rafiq (Golkar) 108.783, Muhammad Kholid (PKS) 76.384, Nuroji (Gerindra) dengan 45.717, Mahfud Abdurrahman (PKS) 41.924, Sudjatmiko (PKB) 41.235 suara, dan Sukur Nababan (PDIP) 37.014.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.