Dark/Light Mode

Gobel Cetak Prestasi Di Pemilu 2024, Terbaik Secara Proporsional

Selasa, 26 Maret 2024 12:26 WIB
Salah satu gaya Ketua DPW NasDem Gorontalo Rachmat Gobel saat kampanye. (Foto: Instagram/@rachmatgobel_rg)
Salah satu gaya Ketua DPW NasDem Gorontalo Rachmat Gobel saat kampanye. (Foto: Instagram/@rachmatgobel_rg)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi Partai NasDem Rachmat Gobel berhasil mengukir prestasi dalam Pemilu 2024. Ketua DPW NasDem Gorontalo itu menjadi salah satu caleg yang memperoleh suara tertinggi dalam pemilu legislatif. Ia juga berhasil mengantarkan partainya mencetak suara tertinggi yang pernah diraih partai di Gorontalo.

Staf khusus Rachmat Gobel, Nasihin Masha mengatakan, secara proporsional, dibandingkan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun dibandingkan dengan penduduk yang menggunakan hak pilihnya, Rachmat Gobel menempati posisi caleg yang mendapat suara tertinggi di Indonesia. Hasil rekapitulasi suara KPU, Rachmat Gobel yang maju di daerah pemilihan Gorontalo, memperoleh 195.322 suara. Naik dari Pemilu 2019 yang memperoleh 146.067. Adapun DPT di Gorontalo 881.206 orang.

“Ini merupakan suatu prestasi tersendiri. Untuk suara perorangan Pak Rachmat Gobel mendapat 195.322 suara. Jadi proporsinya 22 persen,” kata Nasihin, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Sedangkan jika dibandingkan dengan penduduk yang menggunakan hak pilihnya yaitu sekitar 781.874 orang, kata Nasihin, maka proporsi perolehan suara Rachmat Gobel menjadi lebih besar lagi, yaitu sekitar 25 persen.

“Ada kenaikan perolehan suara yaitu 49.255 suara. Dari sisi perolehan perorangan Rachmat Gobel sendiri maupun dari sisi total suara terjadi kenaikan menjadi 33-34 persen,” katanya. 

Baca juga : Ketua MK Prediksi Jumlah Gugatan Pemilu 2024 Lebih Banyak Dari 2019

Selain itu, total perolehan suara Partai Nasdem untuk DPR dari daerah pemilihan Gorontalo adalah 227.533 suara. Ini adalah perolehan suara terbesar yang diraih partai dalam sejarah pemilu di Gorontalo. 

“Ini juga untuk kali pertama Partai Nasdem menang di Gorontalo,” katanya. Ia mengatakan, untuk menambah jumlah kursi memang butuh upaya yang sangat keras karena di Gorontalo cuma ada tiga kursi.

Nasihin mengatakan, selain soal proporsi perolehan suara, prestasi Gobel pada pemilu 2024 ini juga terlihat pada dua hal lainnya yaitu kepemimpinan Rachmat Gobel sebagai ketua DPW NasDem Gorontalo. Gobel dianggap berhasil membangun sistem dan membangun partai. 

“Jadi bukan untuk kemajuan dirinya sendiri. Gobel berhasil membangun sistem dan membangun partai,” katanya.

Hal ini dibuktikan oleh perolehan kursi DPRD Provinsi dan kursi DPRD Kabupaten/Kota se Gorontalo. Partai Nasdem berhasil meraih tujuh kursi DPRD Provinsi dari sebelumnya enam kursi, sehingga berhak menjadi wakil ketua DPRD Provinsi. 

Baca juga : Golkar DKI Gelar Ramadhan Festival 2024, Berikut Agenda dan Jadwalnya

Semua dapil terwakili, bahkan ada yang dua kursi dalam satu dapil. Sedangkan untuk DPRD kabupaten/kota, Partai Nasdem berhasil meraih 30 kursi di enam kabupaten/kota, dari sebelumnya 17 kursi pada pemilu 2019, atau hampir dua kali lipatnya. 

“Dari enam kabupaten/kota itu, dua di antaranya Nasdem menang, yaitu di Gorontalo Utara dan di Bone Bolango, sehingga berhasil menjadi ketua DPRD. Di empat kabupaten/kota lainnya meraih kursi signifikan sehingga bisa duduk sebagai wakil ketua DPRD. Dengan semua ini, Partai Nasdem kuat secara merata di semua tingkatan,” kata Nasihin.

Adapun prestasi ketiga, kata Nasihin, Gobel berhasil membangun partai tanpa melalui politik uang.

 “Mungkin sangat jarang terjadi suatu kemenangan tanpa ada faktor serangan fajar, tanpa money politics,” katanya.

Menurut Nasihin, sejak terpilih menjadi anggota DPR pada 2019, Gobel selalu berkeliling ke seluruh pelosok Gorontalo. “Ia melihat langsung kesulitan masyarakat yang didera kemiskinan, lalu membawa program, menawarkan solusi. Sudah lebih dari 600 titik yang dikunjungi. Gobel tipikal politisi yang langka, bukan model cash and carry. Beli suara, lalu datang hanya sekali-kali. Gobel tiap bulan keliling Gorontalo,” katanya. Ia juga berhasil membangun struktur partai hingga tingkat ranting. 

Baca juga : Soal Gugatan Hasil Pemilu Ke MK, Wapres: Normal Dan Konstitusional

Hal ini, kata Nasihin, sesuai dengan tagline Rachmat Gobel yang mengusung politik pembangunan dan politik kesejahteraan. Melalui Visi 2051, katanya, Gobel bercita-cita memajukan Gorontalo dan menyejahterakan masyarakat Gorontalo.

 “Bukan sekadar berhasil keluar dari provinsi termiskin kelima di Indonesia tapi juga membangun peradaban baru Gorontalo. Mulai dari membangun pertanian, kelautan, UMKM, dan pariwisata hingga ke masalah pendidikan, kesehatan, dan budaya baru,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.