Dark/Light Mode

Relawan 3 Capres Kalbar Kobarkan Semangat Persatuan

Minggu, 28 April 2024 16:58 WIB
Silaturahmi dan Dialog Relawan Lintas Capres yang diselenggarakan oleh Pokja Rumah Demokrasi, Pontianak, Sabtu (27/4/2024). Foto: Istimewa
Silaturahmi dan Dialog Relawan Lintas Capres yang diselenggarakan oleh Pokja Rumah Demokrasi, Pontianak, Sabtu (27/4/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan dari tiga kandidat Pilpres 2024 di Kalimantan Barat (Kalbar) berkomitmen menciptakan suasana kondusif pascapesta demokrasi.

Mereka adalah, Relawan Sobat Anies, Relawan Prabowo Muda dan Relawan Orang Muda Ganjar. Ketiganya, sepakat untuk bersatu melalui deklarasi simbolis di kegiatan Silaturahmi dan Dialog Relawan Lintas Capres yang diselenggarakan oleh Pokja Rumah Demokrasi, Pontianak, Sabtu (27/4/2024).

Ketua Pokja Rumah Demokrasi, Zainuddin Kismit menjelaskan pentingnya komitmen siap menang maupun kalah di dalam sebuah kompetisi.

"Kita perlu memperkuat bagaimana masyarakat sipil di bawah menyadari bahwa Pemilu sebagai kompetisi ada kalah menang, dan bagaimana kita merajut satu persatuan setelah Pemilu," ungkap Zainuddin dalam sambutannya.

Baca juga : BMKG: Gempa Selatan Jabar M6,2 Bukan Gempa Megathrust

Diakui, meski sempat terjadi polarisasi pada Pemilu 2024 lalu, Pokja Rumah Demokrasi ingin masyarakat kembali bersatu seperti yang telah terjalin pada tingkat elite partai.

"Tidak mungkin terus-terusan kita terpolarisasi, sedangkan di elite partai sudah dinamis dan mencair. Maka kita dari Pokja Demokrasi menginisiasi pasca Pemilu kita temukan kembali, silahturahmi kembali untuk satukan kembali visi kita," katanya.

Selaras dengan Pokja Rumah Demokrasi, perwakilan dari Tim Relawan Capres menyampaikan hal yang serupa. Masing-masing dari mereka mengajak masyarakat untuk menyudahi polemik yang telah terjadi pada saat Pemilu lalu.

"Saya mengajak masyarakat Kalimantan Barat khususnya pendukung Anis untuk kembali bersatu dan mengakhiri polemik pemilu 2024, kita bersatu kembali dan kita harus bersikap dewasa," ungkap Amarullah, Relawan Sobat Anies.

Baca juga : Usai Ditetapkan Jadi Wapres Terpilih, Gibran Kembali Ngantor

"Saya representasi daripada Relawan Prabowo muda mengajak masyarakat, pemuda dan juga elemen masyarakat untuk rekonsiliasi bersama kita upaya untuk membangun demi keutuhan Kalimantan Barat," timpal Ikram, Relawan Prabowo Muda.

"Pemilu sudah selesai dan sudah terpilih pasangan 02, mari kita sudahi Pemilu 2024, dinamika yang terjadi dan bersatu untuk membangun bangsa ini, kita rajut persatuan," tambah Steper Vijay, Relawan Orang Muda Ganjar.

Di tempat yang sama, Kepala Kesbang Pol Kalbar, Manto Saidi mengapresiasi kegiatan yang telah terselenggara ini. Manto berharap setelah terselenggaranya Pemilu masyarakat yang tadinya ter kelompok kini dapat bersatu kembali.

"Kita mendukung kegiatan ini dalam rangka mensinergitaskan kembali semua elemen bangsa di Kalimantan Barat. Kita tahu setelah kompetisi politik selalu ada pihak yang berhasil memenangkan kompetisi tersebut, maka kami berharap setelah kompetisi mereka yang tadinya berada di pihak berbeda sekarang bersinergi satu sama lain," ucap Manto.

Baca juga : Siap Hajar Korsel, Ini 3 Pemain Yang Diwaspadai STY

Kegiatan Dialog tersebut menghadirkan narasumber dari Akademisi Fisip Untan, Dr. Herlan, Praktisi Kepemiluan, Ruhermansyah, dan para peserta dari kalangan mahasiswa dan pemuda di Kota Pontianak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.