Dark/Light Mode

Persiapan Pilkada

Demokrat Pati Bakal Tampung Calon Potensial

Selasa, 8 Februari 2022 06:32 WIB
Persiapan Pilkada Demokrat Pati Bakal Tampung Calon Potensial

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat Pati, Jawa Tengah (Jateng) mulai membuka diri untuk menampung tokoh potensial yang berminat jadi calon bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Partai Demokrat Pati, Joni Kurnianto mengaku, sudah ada beberapa tokoh yang ingin maju sebagai calon Bupati Pati. “Silakan, baik kader atau pihak luar yang mau mencalonkan diri, kami siap mendukung, dorongan, bahkan bimbingan,” katanya, kemarin.

Kata Joni, 21 Ketua DPC se-­Jateng, termasuk dirinya menerima Surat Keputusan (SK) kepengurusan periode 2021-2026 dari DPP Partai Demokrat baru-baru ini.

Tak hanya menyiapkan Pemilu Legislatif (Pileg), pihaknya juga fokus memenangkan Pilkada Pati. Namun Joni menyatakan, dia tidak akan bertarung untuk meraih kursi orang nomor satu di Kabupaten Pati itu.

Baca juga : Kemendagri Libatkan Kesbangpol, Antisipasi Dini Potensi Konflik

Dia mempersilakan jika ada kader dan tokoh yang mau menjadikan Demokrat sebagai kendaraan di Pilkada 2024.

“Kalau sudah mengusung calon, Demokrat tidak main-main. Kita terbiasa satu kata dari atas sampai bawah dan tidak akan pernah mengingkari janji,” ujarnya.

Ditanya mengenai langkah strategis yang akan dilakukan setelah menerima SK kepengurusan baru itu, Joni mengaku, akan segera menata mesin politiknya.

Penataan itu berupa pemantapan struktur di tingkatan kecamatan dan ranting (desa dan kelurahan). Menurutnya, kepengurusan kecamatan dan ranting segera dievaluasi, jika diperlukan akan disegarkan.

Baca juga : Bos Demokrat DKI Langsung Tancap Gas

Artinya, pihaknya akan melihat kinerja pengurus dan ranting.

“Kalau bagus, tetap kami pertahankan. Jika mau diganti, ya kita ganti. Pergantian bisa saja dilakukan karena ada yang meninggal, di luar kota, atau tidak aktif,” tegasnya.

Untuk target raihan suara pada Pileg 2024, Joni memastikan, bekerja keras untuk lebih mendongkrak perolehan suara.

Di Pemilu 2019, Demokrat Pati meraih peringkat kedua dalam raihan suara di bawah PDI Perjuangan. Kedepan, Demokrat akan mengoptimalkan semua potensi untuk bisa menyalip PDIP.

Baca juga : Partai Demokrat Dan PAN Pun Terbelah

“Yang jelas semua partai mempunyai ambisi seperti itu. Kami menegaskan akan bekerja keras mengerahkan semua kemampuan dan memaksimalkan potensi,” pungkasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.