Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Pencalonan Pilkada DKI Jakarta

Hasto Minta Gibran Asah Kemampuan

Sabtu, 18 Juni 2022 07:45 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Hasto Kristiyanto (tengah) memimpin rapat koordinasi di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (16/6/2022). (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Hasto Kristiyanto (tengah) memimpin rapat koordinasi di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (16/6/2022). (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, diminta menunjukkan kemampuannya dalam memimpin. Ini bila dia ingin mengikuti kontestasi Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Permintaan ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Hasto Kristiyanto. Menurutnya, semua kepala daerah dari PDIP harus memegang komitmennya dan mengasah kemampuan, sebelum memikirkan pencalonan pada kontestasi selanjutnya.

“Setiap pemimpin harus menunjukan kapasitas kepemimpinannya. Istilah populernya meninggalkan legacy, membangun kemajuan, disitulah pemimpin akan menghadapi ujian-ujian, termasuk Mas Gibran,” kata Hasto kepada wartawan, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (16/6).

Baca juga : Sah! LPJ Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bandung Diterima Muscab

Lebih lanjut, ia mengatakan, seluruh kepala daerah PDIP harus memiliki komitmen yang kuat, dan siap menghadapi permasalahan di lapangan. Terlebih, rangkaian Pilkada 2024 masih lama, dilaksanakan setelah Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres), sehingga para kepala daerah dari PDIP memiliki cukup waktu untuk fokus, dan mengasah kemampuan kepemimpinannya.

“Hari ini, kepala daerah PDIP yang hadir sebanyak 215 orang. Banyak yang belum bisa hadir, karena kami membagi kegiatan ini dalam dua gelombang,” jelas dia.

Dalam pertemuan itu, lanjut dia, para kepala daerah harus menegaskan komitmen dan mengasah kemampuan kepemimpinannya, termasuk Gibran.

Baca juga : Gibran Semakin Moncer

“Ujian-ujian di lapangan itu, pemimpin tersebut tetap kokoh, tetap berdisiplin, termasuk padajalan kepartaian itu,” tegas Hasto.

Diketahui, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tampak hadir dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah asal PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, sejak Kamis kemarin. Selain Gibran, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Wali Kota Medan Bobby Nasution juga hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu, pengurus DPP PDIP yang hadir ialah Sekjen Hasto Kristiyanto serta sejumlah Ketua DPP, yakni Komarudin Watubun, Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning, Nusyirwan Soedjono, Sri Rahayu, dan Rokhmin Dahuri. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri hadir secara virtual. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.