Dark/Light Mode

Hadapi Pilkada DKI Jakarta

PDIP Mulai Lirik-lirik Kader Kepala Daerah

Rabu, 26 Oktober 2022 07:45 WIB
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi DKI Jakarta, Gembong Warsono. (Foto: Istimewa)
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi DKI Jakarta, Gembong Warsono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan DKI Jakarta tengah memantau sejumlah kader banteng yang berpotensi maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti.

Kinerja para kader PDI Perjuangan yang telah berkiprah atau memiliki prestasi saat memimpin daerah, akan dijadikan rujukan untuk diusulkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Ketua Fraksi PDI Perjuangan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan, proses pemantauan terhadap kepala daerah yang ber­potensi diusung di Pilkada DKI Jakarta 2024, sangat penting. Sebab, pihaknya harus bisa mengukur kemampuan kader PDI Perjuangan yang duduk sebagai kepala daerah dalam menyelesai­kan persoalan di daerahnya.

Baca juga : BPBD DKI Jakarta Siaga Penuh Hadapi Bencana

Menurut dia, kemampuan para kader PDI Perjuangan dalam menyelesaikan berbagai persoalan di daerah merupakan poin terbesar dalam penilaian. Sebab, persoalan-persoalan yang dihadapi Ibu Kota akan lebih kompleksdan sangat mendasar.

“Tugas kami di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DKI Jakarta, memberi masukan kepada DPP partai. Tapi, soal sosok yang akan dipu­tuskan, menjadi kewenangan ketua umum DPP PDI Perjuangan,” ujar Gembong di Jakarta, kemarin.

Namun begitu, ia tidak mau menyebut nama-nama yang kini tengah diradar oleh partainya. Dia hanya memastikan, PDI Perjuangan akan sangat berhati-hati dalam memilih kepala daerah, dan pemantauan ini jadi bagian dari proses yang sangat penting.

Baca juga : PSI DKI: Tradisi Baik Harus Dilanjutkan

“Sehingga, ketika partai me­mutuskan, (sudah diyakini oleh partai bahwa) dia adalah sosok yang mampu mengentaskan persoalan Jakarta yang sangat kompleks,” tegas legislator dari daerah pemilihan (dapil) 7 DKI Jakarta ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sejak awal partainya selalu siap untuk menghadapi tahun politik 2024. Tapi, dia juga meminta semua pihak di luar partai un­tuk menghormati mekanisme partai, termasuk dalam mencari pemimpin di Ibu Kota.

“(Soal nama yang tengah di­pantau) nantilah itu. Tapi hasil penelaahan keberhasilan kinerja mereka sebagai kepala daerah sudah tentu nanti ibu ketua umum yang akan memutuskan,” pungkasnya.

Baca juga : Masih Perbaikan Sistem, Pelayanan SIM Jakarta Dialihkan Ke Satpas Daan Mogot

Diketahui, sejumlah nama kader PDI Perjuangan bela­kangan ini masuk dalam survei sejumlah lembaga terkait isu Pilkada DKI. Salah satu nama yang cukup menonjol adalah Gibran Rakabuming Raka.

Hasil survei Polstat (Political Statistics) per 1-10 Oktober, menempatkan Gibran di uru­tan ketiga dengan elektabilitas mencapai 10.5 persen. Putra Presiden Joko Widodo, ini hanya kalah dari Anies Baswedan (40.5 persen) dan Basuki T Purnama (19.1 persen). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.