Dark/Light Mode

Diwacanakan Duet Dengan Gibran

Bupati Kendal Tunggu Keputusan Partai...

Jumat, 10 Februari 2023 07:35 WIB
Bupati Kendal, Dico Ganinduto. (Foto: Istimewa)
Bupati Kendal, Dico Ganinduto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Kendal, Dico Ganinduto masuk bursa calon pendamping Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024. Bahkan, duet Gibran-Dico menempati urutan teratas hasil survei Aksara Research and Consulting, pada Pilgub Jateng 2024 nanti.

Dico mengaku bersyukur dan mengaminkan hasil survei tersebut. Namun, politisi Partai Golkar ini menyebut, proses pemilihan masih panjang dan dirinya masih fokus menyelesaikan tugas sebagai Bupati Kendal.

“Sekarang, saya masih fokus membenahi Kendal,” ujarnya kepada wartawan di Kendal, Jateng, kemarin.

Putera Bendahara Umum (Bendum) Partai Golkar, Dito Ganinduto ini menambahkan, hasil survei yang dilakukan Aksara Research and Consulting itu juga masih harus menunggu sejumlah faktor. Beberapa hal yang menjadi acuan, perin­tah atau rekomendasi partai masing-masing dan penerimaan masyarakat luas.

Baca juga : Gibran Merendah

“Wajar saja jika seorang poli­tisi ingin naik ke level yang lebih tinggi. Sebab, kami ingin mem­beri manfaat yang lebih besar kepada masyarakat. Tapi, saya dan Mas Gibran punya prinsip yang sama, yakni menyerahkan kembali kepada partai masing-masing,” jelas dia.

Terpisah, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka juga memberikan tanggapan soal ha­sil survei Aksara Research and Consulting, yang memasangkan dirinya dengan Bupati Kendal, Dico Ganinduto. Ia pun mengaku kerap mengakukan komunikasi dengan Dico.

Yo ora piye-piye (ya tidak masalah), (Mas Dico) baik, sosok yang baik,” katanya di Balai Kota Solo, Jateng, kemarin.

Meski mengaku cocok dalam berkomunikasi dengan Dico, ia tak menutup kemungkinan untuk berpasangan dengan calon lain di gearan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) mendatang. “Yo cocok (ngobrol), tapi nggak harus sama Dico lah, bisa sama siapa saja. Saya gampang, wonge gam­pang (saya mudah, orangnya mudah),” cetus dia.

Baca juga : Kementan Gandeng Bupati Kediri Perkuat Pengembangan Perkebunan

Lebih lanjut, Gibran mengaki,dirinya sudah beberapa kali bertemu dengan Bupati Kendal tersebut. Dico pun pernah berkunjung ke Kota Solo saat mem­peringati hari Sumpah Pemuda di Kota Solo pada 28 Oktober tahun lalu.

“Nek ketemu ning Semarang terus, kerep e (kalau ketemu di Semarang terus, keseringan),” ucap putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Namun, saat ditanya men­genai langkahnya pada Pemilu 2024, ia mengaku, belum me­mikirkannya. “Ijek suwe, tunggu wae (masih lama, tunggu saja),” tandasnya.

Sebelumya, Aksara Research and Consulting menempatkan menempatkan pasangan Gibran-Dico sebagai pemilik elektabilitas tinggi sebagai Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jateng di Pilkada 2024 nanti. Pasangan itu memperoleh tingkat elektabilitas sebesar 31,8 persen, mengungguli dua nama tokoh lainnya, yakni mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau Hendi, yang dipasangkan denganTaj Yasin Maimoen atau Gus Yasin, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jateng.

Baca juga : Rayakan Natal Dan Imlek, Ikatan Alumni FH Trisakti Berbagi Bersama Anak Panti Asuhan

Dalam survei itu, pasangan Hendi-Gus Yasin menempati urutan kedua dengan elektabilitas 24,6 persen. Gibran dan Hendi juga dipasangkan dalam Bursa Pilgub Jateng 2024 itu. Meski demikian, elektabilitas pasangan Gibran-Hendi ini masih kalah populer dengan duet Gibran-Dico.

Pasangan Gibran-Hendi hanya meraih elektabilitas 15,4 persen, atau jauh tertinggal dari duet Gibran-Dico yang meraih elek­tabilitas 31,4 persen. Direktur Eksekutif Aksara Research and Consulting, Hendri Kurniawan mengatakan, munculnya nama Gibran dan Dico dapat dilihat sebagai keterwakilan anak muda dalam pesta demokrasi yang kian dekat.

“Mereka dianggap tokoh yang tepat untuk memimpin Jawa Tengah ke depan,” ucapnya dalam konferensi pers yang digelar di Kawasan Kota Lama, Semarang, Jateng, Selasa (7/2/2023) sore. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.