Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Kontestasi Demokrasi

Pemkab Tangerang Tingkatkan Kapasitas Satpol PP Dan Linmas

Minggu, 12 Maret 2023 07:35 WIB
Asisten Bidang Administrasi Umum (Asda III) Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Firzada Mahalli. (Foto: Istimewa)
Asisten Bidang Administrasi Umum (Asda III) Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Firzada Mahalli. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, terus melakukan persiapan pengamanan penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kapasitas personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ditingkatkan, untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada mendatang.

Asisten Bidang Administrasi Umum (Asda III) Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Firzada Mahalli mengatakan, seluruh stakeholder harus turut andil mengamankan dan me­nyukseskan pesta demokrasi 2024. Pihaknya pun menggelar pelatihan terhadap Satpol PP dan Tantib Linmas di Kabupaten Tanggerang, untuk meningkat­kan kualitas mereka dalam pengamanan Pilkada mendatang.

Menurut dia, personel Satpol PP dan Trantib Linmas atau keamanan tingkat kecamatan dan kelurahan, akan diberi ma­teri terkait penanganan gang­guan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Kegiatan tersebut akan dilakukan pada 8 hingga 16 Maret 2023.

Baca juga : Fadel Dorong Pemda Punya Branding Kuat Tingkatkan Potensi Daerah

“Pelatihan tersebut diikuti oleh 40 personel Satpol PP dan Trantib Linmas. Kami berharap, kegiatan ini bisa mewujudkan keamanan dan kenyamanan ke­hidupan sosial masyarakat dan roda pemerintah, terutama pada saat penyelenggaraan Pilkada nanti,” ujar Firzada di Kabupaten Tanggerang, Banten, kemarin.

Dalam persiapan dan pelak­sanaan Pilkada, lanjut dia, dibu­tuhkan aparatur yang siap untuk menangani segala permasalahan di lapangan. Karenanya, perlu peningkatan kapasitas dari para personel, untuk menghadapi seluruh potensi masalah yang mungkin terjadi pada Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilu Presiden (Pilpres), hingga Pilkada 2024 nanti.

Selain itu, tambah dia, opti­malisasi penanganan kontestasi demokrasi juga harus diiringi dengan pemahaman terhadap regulasi dan kebijakan pemerin­tah, agar proses penegakan per­aturan daerah kepada masyara­kat berjalan sesuai prosedur dan kapasitas. “Rencananya, kami juga akan melakukan simulasi penangan pengamanan Pilkada di lapangan,” imbuhnya.

Baca juga : JULO Tingkatkan Kualitas Nasabah Dengan Wujudkan Hunian Impian

Lebih lanjut, dia berharap, personel yang mengikuti pela­tihan memiliki tambahan ke­mampuan dalam kegiatan operasional maupun manajerial secara optimal. “Dengan begitu, gelaran kontestasi demokrasi bisa berjalan dengan aman dan sukses, tanpa adanya gesekan di tengah masyarakat,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang, Riesnasari Citra Irena mengatakan, pelatihan terhadap Satpol PP dan Tantib Linmas di Kabupaten Tanggerang, akan dilaksanakan melalui pola pem­belajaran yang menggabungkan pembelajaran online dengan tatap muka atau blended learning.

“Ada beberapa materi dalam pelatihan ini, yakni Deteksi Dini, Komunikasi Efektif, Mobilisasi Linmas, Teknik Mediasi dan Negosiasi, Teknik Pengendalian Masyarakat,” jelas Irena. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.