Dark/Light Mode

Ketum FBR KH. Lutfi Masuk Bursa Pilgub DKI 2024

Jumat, 12 Mei 2023 21:50 WIB
Imam Besar Forum Betawi Rempug (FBR), KH. Lutfi Hakim. (Foto: Istimewa)
Imam Besar Forum Betawi Rempug (FBR), KH. Lutfi Hakim. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Imam Besar Forum Betawi Rempug (FBR), KH. Lutfi Hakim, dinilai cocok menjadi Calon Gubernur (Cagub) atau Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) serentak 2024.

"Meskipun, saat ini elektabilitasnya belum bertengger di lembaga survei namun memiliki modal cukup untuk meningkatkan elektoral," ujar pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi, melalui keterangan tertulis kepada RM.id, Jumat (12/5).

Reza menganalisa, anak Betawi sangat berkepentingan untuk memajukan putra asli Jakarta dalam kontestasi pesta demokrasi lokal di Jakarta 2024.

Baca juga : Dibuka Rp 14.569, Rupiah Makin Perkasa Pagi Ini

Namun, melihat realitas politik di Jakarta ini yang begitu pluralis. Sehingga diperlukan komunikasi baik dengan semua kalangan.

"Jadi, pluralisme di Jakarta harus dilihat. Tidak hanya dari pemilih suku Betawi. Kalau pantas, ya, cukup pantas KH. Lutfi untuk maju dalam Pilgub. Baik cagub atau cawagub," katanya.

Sarannya, Imam Besar FBR perlu merangkul tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi, infrastruktur politik, dan dukungan mayoritas warga Betawi.

Baca juga : Tembus Rp 14.705, Rupiah Masih Cerah Pagi Ini

Menurut Reza, KH. Luthfi yang juga menjabat Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) itu bisa mengonsolidasikan seluruh elemen nahdliyin di Jakarta.

"Makanya, saya bilang cukup potensial jadi cagub atau cawagub. Karena memiliki modal sosial bagus" beber dia.

Dia mengingatkan, bahwa Jakarta sangat heterogen sehingga membutuhkan sosok yang bisa merangkul semua kalangan.

Baca juga : Ayo Dukung PSSI, Sukseskan Piala Dunia U-20

"Ini kan, salah satu cara meningkatkan lebih elektoralnya. Untuk pasangan, cari yang birokrat. Namun, tetap harus dihitung lagi. Dan potensi yang bisa tingkatkan elektabilitas harus dikonsolidasikan. Misalnya, warga NU," ucapnya.

Untuk diketahui, KH. Luthfi saat ini mulai masuk bursa Pilgub DKI 2024. Terkini, namanya digadang-gadang menjadi pasangan politisi Partai Golkar, Nusron Wahid di kontestasi pemilihan pemimpin Ibu Kota nanti.

"Tapi saya mau maju independen, Gubernur DKI 2024. Wakilnya KH. Lutfi, Imam Besar FBR," ujar Nusron, di Jakarta, belum lama ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.