Dark/Light Mode

Masinton: Jangan Biarkan Daerah Lama Dipimpin Pj, Legitimasinya Kurang Kuat

Minggu, 10 September 2023 20:47 WIB
Masinton Pasaribu (Foto: Ist)
Masinton Pasaribu (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu buka suara terkait usulan Pilkada Serentak 2024 dimajukan atau dipercepat.

Menurut dia, kekosongan pemimpin legitimated di daerah yang dipilih langsung oleh rakyat bisa jadi pertimbangan untuk memajukan Pilkada 2024.

Baca juga : Demokrat Makin Dekat Ke Kandang Banteng

“Akan tetapi dasar pertimbangan umpama kenapa kok maju, kalau saya satu, kita jangan juga membiarkan terlalu lama juga kekosongan kepemimpinan di daerah yang cuma dipimpin oleh penjabat yang dia tidak memiliki legitimasi yang kuat,” ujarnya. 

Ia menjelaskan, usulan jadwal pilkada ini memang perlu dikaji. Dalam pengkajian itu, perlu dipertimbangkan bila Pilpres nantinya berlangsung dua putaran, durasi sengketa, dan hal lainnya.

Baca juga : Daikin Siapkan Strategi Bisnis Kurangi Jejak Karbon

Terlebih, menurut Masinton, hal tersebut masih sebatas usulan dari pemerintah belaka.

"Ya, itu baru usulan. Nanti kan tergantung kesiapan teknis penyelenggara (Pemilu 2024) juga," kata Masinton, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, BNI Berikan Layanan Terbaik Bagi Penyandang Disabilitas

Anggota Komisi XI DPR ini belum bisa menyatakan setuju atau tidak. Dirinya ingin mengetahui terlebih dahulu, alasan konkret dalam usulan Pilkada 2024 dipercepat.

"Saya belum mendengar alasannya apa (Pilkada 2024 dimajukan). Kalau atas dasar pertimbangan yang kuat dan tidak berbenturan dengan agenda Pilpres kita dua putaran, saya no problem, tidak masalah," ucap Masinton.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.