Dark/Light Mode

Gelar Program Petani Keren, La Ode Darwin Optimis Pertanian Lebih Maju

Rabu, 13 Desember 2023 23:29 WIB
Kegiatan Petani Keren Bersama La Ode Darwin, di Desa Lalemba, Kecamatan Lawa, Muna Barat, Selasa (12/12). (Foto: Istimewa)
Kegiatan Petani Keren Bersama La Ode Darwin, di Desa Lalemba, Kecamatan Lawa, Muna Barat, Selasa (12/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petani Muna Barat yang tergabung dalam Gabungan Tunas Tani Muna Barat menggelar kegiatan Petani Keren Bersama La Ode Darwin, di Desa Lalemba, Kecamatan Lawa, Selasa (12/12). Kegiatan ini dihadiri masyarakat yang berprofesi sebagai petani dari setiap kecamatan se-Muna Barat. Mereka nampak antusias mengikuti acara karena diyakini berkaitan langsung mata pencaharian mereka sebagai petani. 

Calon Bupati Muna Barat La Ode Darwin yang hadir di lokasi langsung membaur dengan masyarakat petani. La Ode Darwin nampak asyik bercengkerama dengan petani sambil mendengar masukan terkait situasi pertanian di Muna Barat. La Ode Darwin berkomitmen memperjuangkan harapan petani.

Dalam pidatonya, La Ode Darwin mengaku bangga dengan petani yang diyakininya punya peran besar dalam menjaga keseimbangan suplai makanan.

Baca juga : Berawal dari Keresahan, Zarry Hendrik Cs Buat Gerakan Kreator Indonesia Maju

"Orang yang tinggal di kota, yang mensuplai makanan itu kita yang bertani di desa. Jadi, banggalah kita orang Muna Barat karena dengan kita bertani di sini kita bisa kasih makan buah pisang, pepaya, jeruk. Karena pertanian di desa, warung makan dan kafe yang ada di mall dan hotel kita bisa suplai beras, jagung, dan kacang," ungkap La Ode Darwin.

La Ode Darwin melanjutkan, sudah saatnya petani punya pikiran agar tidak hanya bertani untuk keluarga tetapi juga untuk orang banyak. "Petani Muna Barat kita tidak lagi berpikir bahwa bertani untuk bisa kasih makan keluarga, tapi kita bertani agar bisa kasih makan orang yang ada di luar sana dengan cara menjual hasil pertanian kita. Kalau hasil penjualan pertanian kita melimpah, pasti kita bisa hidup lebih berdaya," sambungnya. 

Pada kesempatan tersebut, La Ode Darwin juga menegaskan bahwa Program Petani Keren merupakan komitmennya untuk memajukan sektor pertanian di Muna Barat.

Baca juga : Ketiga Capres Wajib Elaborasi Program Anti Korupsi Di Debat Pertama

"Program Petani Keren adalah bentuk komitmen saya sebagai upaya membantu percepatan produktivitas pangan di tengah ancaman kelangkaan pangan di masa depan yang tentu akan memberikan efek ganda pada peningkatan kesejahteraan petani Muna Barat,” ucapnya.

Melalui petani keren, dirinya akan merancang berbagai program yang menyentuh akar rumput. “Yaitu kita akan bantu petani melakukan pemetaan potensi lahan, membantu bibit unggul, menghadirkan teknologi alat pertanian, mendampingi masyarakat dalam petik olah jual termasuk membantu pasar penjualan hasil pertanian masyarakat," jelasnya. 

Seorang petani bernama La Jurus, yang hadir di lokasi kegiatan, menyambut baik dan mendukung gagasan La Ode Darwin. "Yang Pak La Ode Darwin sampaikan sangat konkret, khususnya bagi kami petani. Saya sangat mendukung gagasan beliau untuk memajukan pertanian Muna Barat," imbuhnya.

Baca juga : Cara Gibran Atasi Stunting di Daerah Kumuh: Perbaiki Sanitasi & Bedah Rumah

Wa Ode Muliana, seorang petani lainnya yang hadir di lokasi, juga mengakui program yang dicetuskan La Ode Darwin bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar petani. "Program Pak La Ode Darwin menyentuh langsung permasalahan kami. Misalnya bantuan bibit dan bagaimana hasil pertanian kami terjual di pasaran. Ini saya pikir sangat bagus sehingga perlu didukung bersama," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.