Dark/Light Mode

Tunggu Respons Publik

Sekda Tasikmalaya Siap Ramaikan Pilkada 2024

Selasa, 13 Februari 2024 07:20 WIB
Sekda Pemkot Tasik­malaya, Ivan Dicksan. (Foto: Istimewa)
Sekda Pemkot Tasik­malaya, Ivan Dicksan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa bakal calon Wali Kota Tasikmalaya periode 2024-2029 kian semarak. Meski belum dapat rekomendasi partai, sejumlah tokoh mengaku siap maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tasikmalaya, bermodal popularitas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota (Pemkot) Tasik­malaya, Ivan Dicksan menegas­kan, dirinya siap maju di Pilkada Kota Tasikmalaya 2024. Namun, dia tak akan mendeklarasikan diri dalam waktu dekat, karena masih menjabat sebagai Sekda Tasik­malaya dan berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Insya Allah, kalau memang sudah waktunya dan ada yang siap menerima, saya akan maju di Pilkada nanti. Saya juga akan melihat dukungan dan keper­cayaan masyarakat,” ujar Ivan di Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), Minggu (11/2/24).

Diketahui, Ivan Dicksan te­ngah mengenjot popularitas dan elektabilitas sebagai bakal calon Wali Kota Tasikmalaya periode 2024-2029. Spanduk-spanduk dirinya sudah bertebaran baik secara offline maupun online, meski isinya bukan terkait pen­calonan dirinya sebagai Wali Kota Tasikmalaya.

Baca juga : Wamenhan: Sesat, Fitnah, Hoaks

Melanjutkan keterangannya, Ivan mengatakan, pihaknya masih menunggu respon publik dan partai politik, untuk memberikan dukung­an kepadanya. Dia memastikan, akan segera melakukan deklarasi, setelag diberi kepercayaan dan amanah untuk maju di Pilkada.

“Saat ini, saya masih melihat semua kemungkinan. Jika diberi amanah maju, Insya Allah siap,” cetusnya.

Terpisah, politisi senior PPP, Enjang Bilawini juga mengaku tengah menyiapkan diri untuk maju di Pilkada Kota Tasikmala­ya. Pihaknya telah membangun kerja sama dengan Himpunan Alumni Miftahul Huda (Hami­da), untuk mendongkar raihan suara dan kursi PPP di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

“Hasil Pileg akan menjadi pintu gerbang menuju Pilkada, yang akan dilaksanakan November 2024 nanti. PPP membidik kursi Wali Kota Tasikmalaya, seperti yang pernah terjadi di beberapa Pilkada sebelumnya,” kata Enjang.

Baca juga : 2023, BTN Kantongi Laba Rp 3,5 Triliun

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ta­sikmalaya ini mengklaim, dirinya akan mendapat rekomendasi dari PPP, karena memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas di Kota Tasikmalaya.

“Kami optimis, PPP masih me­miliki potensi kuat di kontestasi Pilkada Kota Tasikmalaya. Insya Allah, PPP masih menjadi magnet di Pilkada ke depan,” cetusnya.

Namun begitu, Enjang me­ngakui, PPP masih belum me­nentukan figur yang diusung. Menurut dia, salah satu penentu tiket ke Pilkada Kota Tasikma­laya, capaian raihan target 12 kursi DPRD Kota Tasikmalaya di Pileg 2024 nanti.

“Sebagai kader, tidak ada alasan untuk tidak siap (maju Pilkada). Meski pencapaian PPP tetap sembilan kursi di Pileg nanti, jumlah itu sudah cukup untuk mengusung calon Wali Kota Tasikmalaya,” tandasnya.

Baca juga : Kemendag Dukung UMKM Pake Kemasan Siap Ekspor

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 13 Februari 2024 dengan judul Tunggu Respons Publik, Sekda Tasikmalaya Siap Ramaikan Pilkada 2024

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.