Dark/Light Mode

Siap Kawal Pilkada 2024

Panwascam Grogol Petamburan Jakbar Lantik 7 PKD

Minggu, 2 Juni 2024 17:32 WIB
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat menggelar pelantikan Pengawas Pemilu Keluaran/Desa (PKD) di Aula Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Sabtu (1/6/2024). Foto: Istimewa
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat menggelar pelantikan Pengawas Pemilu Keluaran/Desa (PKD) di Aula Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Sabtu (1/6/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat menggelar pelantikan Pengawas Pemilu Keluaran/Desa (PKD). Pelantikan tersebut digelar di Aula Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Sabtu (1/6/2024).

Ketua Panwaslu Kecamatan Grogol Petamburan, M. Afditya Imam Fahlevi, menyatakan, pelantikan hari ini merupakan bagian dari tahapan persiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

"Yang dilantik hari ini ada 7 PKD. Nantinya setelah dilantik mereka segera bertugas di wilayah atau kelurahannnya masing-masing sesuai dengan tugas dan wewenangnya," kata Adit, sapaan karibnya usai acara pelantikan.

Baca juga : Resep Menangkan Pilkada 2024, Banteng Wajib Bonding Dengan Akar Rumput

Adit menjelaskan, pelantikan PKD tersebut dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan tahapan Pilkada Serentak 2024 khususnya di Jakarta.

Ketua Panwascam Grogol Petamburan, M. Afditya, mengatakan, PKD merupakan salah satu badan Ad Hoc dalam Pilkada 2024 yang dibentuk oleh Panwaslu kecamatan. Tugas utama PKD adalah mengawasi proses penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di tingkat kelurahan/desa.

"PKD bertanggung jawab untuk memastikan bahwa seluruh proses pemilihan berjalan sesuai dengan aturan dan prinsip demokrasi. Kami bersama PKD akan mengawasi setiap tahapan untuk mencegah dan menangani pelanggaran," ujarnya.

Baca juga : Siap Menangkan Pilkada 2024, Golkar Roadshow Latih Saksi se-Indonesia

Adit menekankan, PKD memiliki peran vital dalam melakukan pencegahan dan pengawasan sehingga integritas dan kejujuran pemilihan harus terus terjaga.

"Harapan kami, PKD dapat menjalankan tugas dengan profesionalisme dan dedikasi tinggi. Mereka harus selalu siap untuk memantau dan melaporkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi selama proses pemilihan," tegasnya.

Ditegaskan Adit, PKD memiliki peran krusial dalam memastikan bahwa suara masyarakat dihargai dan hasil pemilihan mencerminkan pilihan warga secara adil.

Baca juga : Golkar Jabar Jadi Rebutan

"Kami mengucapkan selamat kepada para PKD yang telah dilantik. Semoga kita semua dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.

Sebagai informasi, Panwascam Grogol Petamburan sendiri terdiri dari dua anggota yakni Sugeng Riono dan Rangga Zulfikri. Adapun PKD yang dilantik meliputi Kelurahan Grogol, Tomang, Tanjung Duren Utara, Tanjung Duren Selatan, Jelambar, Jelambar Baru, dan Wijaya Kusuma.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.