Dark/Light Mode

Masih Menunggu Keputusan KIM

Banteng Jabar Masukkan Susi Pudjiastuti Di Plan B

Kamis, 20 Juni 2024 07:20 WIB
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Istimewa)
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan mulai melirik beberapa tokoh populer untuk diusung di Pilgub Jawa Barat. Salah satunya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Barat (Jabar), Ono Surono me­nilai, Susi Pudjiastuti merupakan figur yang cukup menarik untuk diusung di Pilgub Jabar 2024. Dia mengatakan, PDIP akan mendalami kesiapan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu maju di Pilgub Jabar.

“Apakah Bu Susi siap untukki­ta usung,” ungkap Ono di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Ono mengaku, dalam waktu dekat akan berbincang dengan pengusaha penerbangan itu. Sejauh ini, kata dia, PDIP baru mendengar pernyataan Susi tentang kesiapannya maju Pilkada Jawa Barat melalui media massa.

Baca juga : Lifting Minyak Dan Gas Diharapkan Meningkat

Insya Allah saya akan berkunjung langsung, bertemu Bu Susi, sekalian liburan ke Pangandaran,” ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu pencalonan dari partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). PDIP, kata dia, sedang berupaya untuk melakukan kerja sama dengan partai di KIM.

“Sampai saat ini mereka (KIM) belum putuskan, ter­masuk Ridwan Kamil apakah di Jabar dan Jakarta. Saya lihat juga masih belum final, makanya PDIP nunggu itu,” ujarnya.

“Dari statemen Pak Airlangga tunggu bulan Juli, lalu dari Gerindra akan paketkan Kang Dedy Mulyadi dengan Bima Arya,” sambung Ono.

Baca juga : Awas, Urusan Migor Bikin Inflasi Pangan Meroket

Dia mengatakan, PDIP juga tengah menjajaki komunikasi dengan partai lain. Seperti, PKS, PPP, PAN dan PKB. “Sembari menunggu keputusan KIM,” imbuhnya.

Sebelumnya, pemerhati lingkungan sekaligus Ketua Umum Jabar Hejo, Eka Santosa menyambangi kediaman mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, di Jalan Merdeka, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

“Berbicara kepentingan untuk kemaslahatan dalam kegamangan,bagaimana melihat Jawa Barat ke depan,” kata Eka, Selasa (18/6/2024).

Eka mengaku menyampaikan kegelisahannya tentang Jabar ke­pada Susi Pudjiastuti. Kata dia, banyak hal-hal mendasar yang selama ini belum terselesaikan di Jawa Barat. Khususnya, masalah lingkungan.

Baca juga : Kualitas Udara Jakarta Semakin Membahayakan

Selain itu, Eka menyam­paikan permintaan agar Susi maju di Pilgub Jawa Barat 2024. “Bu Susi merespons apa yang diharapkan kami untuk Jawa Barat ke depan. Bu Susi mengatakan, kalau masyarakat yang meminta, kenapa tidak,” ungkapnya.

Eka menambahkan, dari se­jumlah figur yang digadang-ga­dang maju di Pilgub Jawa Barat 2024, Susi Pujiastuti merupakan sosok yang tepat. Dia mengata­kan, penilaian itu berdasarkan penglihatan teman-teman yang intensif dan berkomunikasi dengan sejumlah tokoh-tokoh pemerhati lingkungan ternama.

“Bukan berarti kita mengabai­kan tentang niat baik mereka, tetapi kira-kira,” ujar Eka.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 20 Juni 2024 dengan judul Masih Menunggu Keputusan KIM, Banteng Jabar Masukkan Susi Pudjiastuti Di Plan B

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.